Komentari Idol yang Debut Terlalu Muda, Jin BTS Banjir Pujian

Khairunnisa Salsabila - INSERTLIVE
Minggu, 14 Nov 2021 14:20 WIB
Jin BTS
Jakarta, Insertlive -

Jin BTS baru-baru ini memberikan komentar pada unggahan seorang penggemar pada Weverse terkait keinginannya memasuki industri K-pop.

Penggemar tersebut mengungkapkan bahwa dia telah mencoba audisi di berbagai perusahaan agensi K-pop, namun gagal karena masalah usia.

Dia dianggap terlambat mencoba untuk mengikuti audisi. Padahal dia merupakan kelahiran 2003 (17 atau 18 tahun).


Menanggapi hal tersebut, Jin mengungkapkan perasaannya tentang usia yang sepertinya terus menurun untuk memulai menjadi seorang trainee dan debut.


"Aku masuk (industri K-pop) pada usia 20 tahun, tapi aku pikir anak-anak zaman sekarang memulainya terlalu muda" tulis Jin.

Komentarnya mengundang banyak percakapan di antara para penggemar pada forum Reddit yang juga prihatin dengan idola yang sudah debut di usia muda.

Jin dianggap menyuarakan apa yang penggemar lain pikirkan terkait idola K-pop yang debut di usia yang belia.

Mereka mengkhawatirkan bagaimana perjuangan anak-anak yang telah debut ini dan adanya kemungkinan eksploitasi, serta tidak dapat menikmati kehidupan anak-anak yang sesungguhnya.

"Aku juga berpikir bahwa anak-anak di bawah usia 16 hingga 18 tahun tidak boleh mengikuti pelatihan (idola) karena melihat betapa mengerikan dan tidak sehatnya beberapa perusahaan memperlakukan anak-anak ini. Maksudku, seperti menurunkan berat badan, melewatkan makan, aktivitas berlebih selama masa remaja awal pasti berdampak buruk pada mental dan fisik anak-anak," tulis salah satu penggemar.

Jin BTSJin BTS/ Foto: (dok. BTS)

Beberapa penggemar juga membahas kesulitan yang dialami idola yang memulai debutnya di usia muda seperti Taemin anggota dari grup SHINee yang debut di usia 14 tahun dan Joongkook dari BTS yang debut pada usia 15 tahun.

"Aku pikir kita dapat melihat hal itu (debut di usia muda) membentuk kehidupan seseorang, karena Taemin mengalami masa-masa sulit ketika dia mendaftar dan Jungkook telah berulang kali mengatakan bahwa dia tidak tahu bagaimana dia dapat menjadi Jungkook BTS (dirinya sekarang), karena hidupnya dipenuhi dengan pertunjukan. Aku pikir hal itu menghambat pertumbuhan mereka sebagai manusia karena mereka tidak tahu bagaimana menjadi dirinya sendiri, daripada apa yang dibutuhkan industri, yang merupakan trend yang dapat kalian lihat di idola muda," tulis yang lainnya.

Padahal, pada beberapa tahun yang lalu, usia bukan sebuah halangan bagi para idola. Terdapat banyak idola K-pop yang meraih kesuksesan dan aktif hingga saat ini meskipun memulai kariernya di usia 19 hingga 21 tahun.

Mereka adalah Irene, Wendy, dan Seulgi dari grup Red Velvet, Solar dan Moonbyul dari MAMAMOO, Taeil, Taeyong, Yuta dan Doyoung dari NCT, dan anggota BTS Suga, J-Hope dan Jin.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER