Komisi Dagang Resmi Selidiki Laporan Promosi Terselubung Jungkook BTS

Nadiyas Utami Pratiwi - INSERTLIVE
Selasa, 05 Oct 2021 20:20 WIB
Jungkook BTS
Jakarta, Insertlive -

Jungkook BTS pada 2 Oktober lalu dilaporkan ke Komisi Perdagangan Adil di Korea Selatan oleh seorang warganet karena dituding melakukan promosi terselubung.

Hal ini terjadi karena Jungkook menggunakan produk pakaian dari perusahaan sang kakak, Six6uys.

Warganet mengklaim bahwa Jungkook punya saham dan berusaha mengenakan pakaian dari Six6uys dalam siaran tanpa secara eksplisit menyatakannya.


Hal ini dapat menimbulkan manipulasi keuntungan mengingat pengaruh Jungkook terhadap penggemar BTS untuk membeli Six6uys tanpa mengeluarkan biaya promosi.

Kemudian, tepat pada hari Selasa (5/10) Komisi Perdagangan Adil menyatakan bahwa mereka saat ini sudah menerima laporan soal promosi terselubung Jungkook BTS.

Mereka juga membagikan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 14 hari untuk memproses dan menangani laporan tersebut secara hukum sebelum mereka dapat menjawab klaim secara resmi.

"Laporan terkait dengan Jungkook BTS telah diterima," ungkap Komisi Dagang.

Sebelumnya kepada media Hankyung, perwakilan Komisi Dagang menjelaskan bahwa kecil kemungkinannya Jungkook dinyatakan bersalah karena melanggar aturan dari Komisi Perdagangan Adil.

Pasalnya, jangka waktu kasus yang menimpa Jungkook BTS ini akan terus-terusan diperpanjang jika masih tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Lalu salah satu warganet yang mengajukan laporan tersebut mengaku kepada media bahwa mereka menginginkan Jungkook untuk bertindak sesuai dengan statusnya sebagai seorang idol.

Sampai saat ini, agensi yang menaungi Jungkook yakni HYBE belum memberikan penjelasan atas laporan tersebut.

(nap/and)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER