Duh, Jungkook BTS Dilaporkan ke Komisi Dagang karena Manipulasi Profit

nap - INSERTLIVE
Jumat, 01 Oct 2021 19:59 WIB
Penampilan Jungkook BTS di PBB memukau para penggemar.
Jakarta, Insertlive -

Jungkook BTS sebelumnya sempat menerima banyak kritikan karena diduga melakukan promosi terselubung dari produk busana dari Six6uys.

Beberapa waktu lalu, Jungkook terlihat mengenakan pakaian dengan jenama tersebut. Bahkan, Jungkook mengaku memiliki keterkaitan dengan Six6uys. Alhasil, netizen langsung menuduhnya melakukan iklan terselubung atau "dwit-gwanggo" dalam bahasa Korea.

Pasalnya, Jungkook sebelumnya memegang posisi direktur dan sang kakak terdaftar sebagai CEO di perusahaan Six6uys.


Belakangan, Jungkook mengundurkan diri dari jabatannya tersebut akibat ramai mendapat kritikan.

Berdasarkan laporan Koreaboo, Jungkook dilaporkan ke Fair Trade Commission atau Komisi Perdagangan Adil di Korea Selatan atas tuduhan serupa. 

Netizen mengklaim bahwa Jungkook punya saham dan berusaha mengenakan pakaian dari Six6uys dalam siaran tanpa secara eksplisit menyatakannya.

Hal ini dapat menimbulkan manipulasi keuntungan mengingat pengaruh Jungkook terhadap penggemar BTS untuk membeli Six6uys tanpa mengeluarkan biaya promosi. 



"Six6uys meluncurkan merek pakaian, Graffiti On Mind awal September tahun ini dan Jungkook mengenakan kemeja merek itu di siaran. Beberapa hari kemudian, dia mengenakan kemeja yang sama dengan warna berbeda dalam selfie yang diunggah ke Twitter dan Weverse," tulis netizen.

Saat ini laporan tersebut telah diajukan ke Komisi Perdagangan Adil. HYBE sebagai agensi yang menaungi Jungkook masih bungkam dan belum memberikan klarifisikan atas tuduhan serius terhadap sang maknae BTS.

(nap/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER