Suarakan #StopAsianHate, BTS Cerita Pernah Alami Rasisme

Agustin Dwi Anandawati - INSERTLIVE
Selasa, 30 Mar 2021 15:30 WIB
BTS
Jakarta, Insertlive -

Boy grup BTS ikut meramaikan tagar #StopAsianHate di media sosial. BTS ikut meramaikan aksi itu usai tindakan rasisme terhadap Asia di Amerika Serikat terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Lewat akun Twitter, BTS mencuitkan tagar #StopAsianHate. Pelantun Dynamite itu juga mengungkapkan pengalamannya yang pernah mengalami rasisme.



"Kami turut berduka cita bagi mereka yang ditinggalkan oleh orang yang mereka cintai. Kami ikut berduka dan marah," tulis akun @BTS_twt.

BTS mengungkapkan pernah mengalami diskriminasi sebagai orang Asia. RM dan teman-teman pernah mendapatkan ejekan terkait penampilan mereka.

"Kami ingat betul saat mengalami diskriminasi sebagai orang Asia. Kami telah menahan diri saat mendengar umpatan yang ditujukan tanpa alasan, dan diejek karena penampilan kami. Bahkan kami juga ditanya kepada orang Asia berbicara dengan bahasa Inggris," cerita BTS.

Atas kejadian itu BTS merasakan sakit hati hingga menghancurkan harga diri mereka.

"Kami tidak bisa menjelaskan rasa sakit yang disebabkan setelah menjadi subyek dari kebencian dan kekerasan karena alasan itu. Pengalaman kami sendiri memang tidak tepat jika dibandingkan dengan apa yang terjadi dalam beberapa pekan belakangan. Namun pengalaman tersebut cukup membuat kami merasa tidak berdaya dan menghancurkan harga diri kami," bebernya mengungkapkan.

"Apa yang terjadi saat ini tak bisa dipisahkan dari identitas kami sebagai orang Asia. Kami butuh waktu cukup lama untuk membahas hal ini dengan hati-hati, dan kami merenungkan secara mendalam soal bagaimana kami harus menyuarakan pesan kami," lanjutnya.

BTS pun menentang aksi rasis dan mengutuk kekerasan yang diterima orang Asia.

"Namun apa yang harus kami suarakan sudah jelas.Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Kamu, aku, dan kita semua punya hak untuk dihormati. Kita akan membela semua ini bersama," tulis BTS menegaskan.

Unggahan BTS itu pun telah mendapatkan ratusan ribu retweet dan disukai oleh lebih dari 1,4 juta kali.

(agn/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER