Lagu Rap Pra-Debut Bernada Rasis, Han Stray Kids Tuai Kontra

arm - INSERTLIVE
Selasa, 02 Feb 2021 20:45 WIB
Han Stray Kids
Jakarta, Insertlive -

Han Stray Kids menjadi topik hangat pembicaraan netizen Korea usai lagu rap yang ia ciptakan sebelum debut terungkap.

Lagu itu menjadi kontroversi lantaran berisikan kara-kata rasis terhadap orang Asia Tenggara dan diskriminasi pada penyandang disabilitas.

Hal ini pertama kali mencuat usai salah seorang pengguna Twitter mengunggah lagu rap milik Han.


"Are you a kkamdoongie foreign laborer, you motherf*cking pig bird," bunyi penggalan lirik lagu itu.

Dalam lagu itu juga terdapat kata-kata diskriminatif seperti 'rumah sakit jiwa', 'pasien mental' dan Han juga diduga mengucapkan n-slur (istilah negatif untuk menyebut orang kulit hitam).

Menurut Koreaboo, istilah 'kkamdoongie' sering dianggap menyinggung orang-orang dengan kulit lebih gelap dan telah dibandingkan dengan kata n-slur.

Orang Asia Tenggara juga biasa disebut 'pekerja asing' dalam komentar-komentar rasis. Hal ini berdasar pada sejarah dan klise orang Asia Tenggara yang bepergian ke Korea Selatan untuk melakukan pekerjaan.

Lagu rap ini sebenarnya diunggah oleh Han di YouTube pribadinya sebelum debut. Namun, usai menjadi kontroversi, lagu itu akhirnya dihapus.

Namun, netizen Korea telah mengunggah ulang lagu itu ke Twitter dan mengundang perdebatan.

Menurut para penggemar wajar bila pemilik nama Han Ji Sung ini melakukan kesalahan pasalnya saat menciptakan lagu tersebut ia masih berusia 13 tahun dan belum matang.

Akan tetapi, baik Han maupun JYP Entertainment selaku agensi belum memberikan komentar tentang lagu pra-debut Han yang jadi kontroversi ini.

(arm/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER