Pidato Kemenangan Jadi Kontroversi di China, BTS Dituntut Minta Maaf

Agustin Dwi Anandawati - INSERTLIVE
Senin, 12 Oct 2020 14:14 WIB
BTS
Jakarta, Insertlive -

BTS boy group besutan Big Hit Entertainment menuai kontroversi di China. Melansir Koreaboo, BTS dikecam oleh netizen China usai melakukan pidato di acara penerimaan penghargaan Van Fleet.

Netizen China menganggap pidato yang diutarakan oleh RM leader BTS tidak menghormati negara mereka. Pidato RM dinilai menghormati Amerika Serikat dan menjatuhkan China.


RM mengungkapkan pidato yang merujuk pada peringatan 70 tahun Perang Korea.

RM mengatakan menghormati mereka yang sudah mengorbankan hidupnya demi membantu Korea Selatan memisahkan diri dari Korea Utara.

"Gala Tahunan Masyarakat Korea 2020 tahun ini sangat berarti karena tahun ini menandai Peringatan ke-70 Perang Korea. Kami akan selalu mengingat sejarah penderitaan yang dialami oleh dua negara kami bersama," kata RM BTS.

"Setelah tujuh puluh tahun, dunia yang kita tinggali jauh lebih dekat dari sebelumnya dan batas-batas serta banyak aspek menjadi lebih kabur dari sebelumnya," tambahnya.



Namun pidato itu mendapatkan respons yang berbeda dari netizen China. Pasalnya, China saat itu berada di pihak komunisme yang didukung oleh Korea Utara dan Unisoviet. Dalam perang itu, ratusan ribu nyawa penduduk China meninggal.

"Kami CINA kehilangan 200.000 rekan kami dalam perang itu. Saat Anda berusia 28 tahun, Anda menghasilkan uang di China. Ketika putra Ketua MAO berusia 28 tahun, dia bertahan dalam perang itu selamanya. Jika Anda tidak tahu tentang riwayatnya, silakan DIAM @BTS_twt," tulis akun @sunwoo_sunset.

Selain itu, seorang ARMY asal China kecewa dengan pidato yang disampaikan oleh RM BTS. Ia bahkan menuntut permintaan dari pihak BTS dan agensi.

"#BTS #KIMTAEHYUNG #KimNamjoon Mengenai RM yang terlibat dalam masalah politik, saya tidak tahan menjadi orang China. Sekarang banyak penggemar Tiongkok telah keluar dari daftar penggemar BTS. Ini termasuk Taehyung, yang dengan jelas tidak mengatakan apa-apa dan tidak melakukan apa-apa. Saya ingin perusahaan Anda memberikan permintaan maaf," tulis @mianie20.

Sementara itu. hingga kini Big Hit Entertainment belum memberikan tanggapan apa pun mengenai kejadian ini.

Imbas pidato BTS yang menuai kecaman ini, dua jenama besar yang bekerja sama dengan BTS langsung mencabut produknya dari situs dan peredaran di China.

[Gambas:Video Insertlive]



(agn/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER