Review Drama Korea

Review Drama Korea 'Stranger 2': Konflik Polisi VS Jaksa yang Bikin Geregetan

Dini Astari - INSERTLIVE
Kamis, 08 Oct 2020 16:41 WIB
Stranger 2
Jakarta, Insertlive -

Drama Korea Stranger 2 merupakan salah satu sekuel drama yang paling ditunggu di tahun 2020. Drama yang bergenre misteri kriminal ini mulai tayang Agustus 2020 dan berakhir pada awal Oktober kemarin.

Stranger 2 bercerita tentang Hwang Si Mok (Cho Seung Woo), seorang jaksa yang kesulitan mengekspresikan emosi. Ia dikenal dingin, jujur, dan juga berdedikasi pada pekerjaan.

Suatu hari, ia dipindahtugaskan dari kejaksaan cabang ke kejaksaan pusat untuk bergabung dalam tim gabungan polisi-jaksa yang membahas pembaharuan dalam prosedur investigasi kasus.


Tim gabungan itu terdiri dari dua orang jaksa lainnya, yaitu Woo Tae Ha (Choi Moo Sung), Kim Sa Hyun (Kim Young Jae) dan empat orang polisi, Shin Jae Yong (Lee Hae Young), Choi Bit (Jeon Hye Jin), Jang Gun (Choi Jae Woong), dan Han Yeo Jin (Bae Doona).

Di tengah-tengah pembahasan soal hak investigasi yang alot, dua lembaga itu dikagetkan dengan hilangnya jaksa Seo Dong Jae (Lee Joon Hyuk).

Seo Dong Jae adalah jaksa yang pernah bekerja sama dengan Si Mok di musim pertama dan dikenal sebagai jaksa 'abu-abu' yang kerap jadi kaki tangan para pengusaha termasuk Lee Yeon Jae (Yoon Se Ah), pemilik Hanjo Grup.

Hilangnya Seo Dong Jae ini pun membuat kedua lembaga tersebut ketar-ketir. Saling tuding dalang penculikan pun terjadi. Tidak hanya itu, hilangnya Seo Dong Jae pun membuka kasus lain yang ternyata menyeret nama petinggi kejaksaan dan kepolisian.

Stranger 2Stranger 2/ Foto: tvN Drama

Review Drama Korea Stranger 2

Jika Stranger musim pertama dibuka dengan satu kasus pembunuhan besar ke kasus-kasus kecil lain yang ternyata saling berkaitan, Stranger 2 justru melakukan kebalikannya.

Drama ini dibuka dengan kasus kecil, tentang kematian dua orang remaja di pantai. Kasus itu kemudian dijadikan jembatan untuk kasus besar drama ini, hilangnya jaksa Seo Dong Jae hingga menjadi penyingkap kasus kematian pengacara Park Gwang Su di masa lalu.

Meski tempo cerita terbilang lambat di awal-awal episode, dan baru intens di paruh kedua drama, Stranger 2 tak begitu saja kehilangan pesonanya. Drama ini masih terbilang berhasil membuat penonton tegang dan geregetan dengan kasus-kasus yang dimunculkan.

Tetapi tidak dipungkiri, banyaknya kasus kecil yang muncul secara bersamaan menjadi salah satu kelemahan drama ini. Munculnya kasus-kasus kecil itu membuat pengungkapannya menjadi terkesan tanggung karena tak tuntas diselesaikan.

Seperti kasus kepolisian Segok yang di tengah-tengah drama muncul, lalu kasusnya dianggap selesai begitu saja. Namun ternyata, di episode akhir kasus kepolisian Segok justru diminta diungkap kembali karena ada penemuan baru.

Stranger 2Stranger 2/ Foto: tvN Drama

Hal-hal seperti ini juga membuat fokus drama ini terlalu terpecah belah. Berbeda dengan Stranger musim pertama yang fokus mengungkap dalang kematian Park Moo Sung dari awal hingga akhir episode.

Momen terungkapnya pelaku penculikan Seo Dong Jae atau misteri kematian Park Gwang Su juga tak terbilang istimewa. Meski banyak diselipkan plot twist, akhir pemecahan kasus yang dilakukan Hwang Si Mok dan Han Yeo Jin justru terasa datar dan mudah diprediksi.

Tetapi di balik kekurangannya, Stranger 2 berhasil memberikan tontonan menarik bagi para pecinta genre misteri kriminal. Kualitas akting duet Cho Seung Woo dan Bae Doona juga tak perlu diragukan lagi.

Di musim kedua ini bahkan penonton bisa ikut merasakan perubahan emosi kedua bintang utama tersebut, dan bisa merasakan sisi humanis mereka yang selama ini terkesan sangar dalam memecahkan kasus.

Untuk Insertizen yang belum menyaksikan drama ini dan penasaran dengan cerita drama ini selengkapnya, Stranger 2 bisa disaksikan kembali di situs film berbayar Netflix.

[Gambas:Video Insertlive]



(dia/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER