Mengingat Lagi Keputusan Uki Eks NOAH Hijrah karena Musik Haram

kpr | Insertlive
Jumat, 24 Mar 2023 23:00 WIB
Uki dan Metha Yuna
Jakarta, Insertlive -

Uki mantan gitaris NOAH beberapa waktu lalu memutuskan untuk hengkang dari dari band yang telah membesarkan namanya. Keputusan itu diambil oleh Uki karena ia ingin hijrah dan memperdalam ilmu agama.

Dibalik keputusan hengkang Uki dari NOAH, publik menyoroti pernyataan yang sempat diutarakannya. Kala itu Uki menyebut jika musik merupakan salah satu hal yang diharamkan ajaran Islam.

Banyak publik yang tidak menerima pernyataan Uki itu. Bahkan, ada yang membandingkan proses hijrah Uki dengan Reza, mantan drummer NOAH.


Publik menyebut Reza hengkang dari NOAH dengan alasan untuk hijrah, tapi ia tidak membuat kegaduhan seperti Uki.

Dalam sebuah video di kanal YouTube Ustaz Syafiq Riza Basalamah, Uki menceritakan soal perjalanan hijrahnya sehingga dapat berpikir mengenai musik haram bagi umat Islam.

"Pengalaman seperti yang tadi ustaz bilang waktu ana ke Jember juga mencoba untuk bersikap adil terhadap diri sendiri pengin dengar pendapat daripada ulama yang mengharamkan dan menghalalkan. Karena selama tiga tahun itu memang mencari pembenaran terus tentang halalnya musik," tutur Uki dalam video tersebut.

"Tapi setiap mencari apa yang mereka halalkan tuh selalu bertabrakan dengan logika. Dalam arti ketika mereka banyak pendapatnya contohnya burung itu adalah alat musik, dan segala macam, tapi kita sebagai musisi kalau ke toko musik kita nggak cari burung. Secara logika kita musisi dan penjual alat musik pun banyak yang nggak masuk," sambungnya.

Uki mengaku awalnya ia masih meyakini jika musik halal dan diperbolehkan dalam Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, Uki menemukan pertanyaan yang lain.

"Jadi kita pada akhirnya musisi menjatuhkan argumentasi mereka yang menghalalkan musik tuh seolah-olah ini kayaknya nggak gitu deh. Bahkan ana sendiri sempat dengar ya boleh kalau musik kata-katanya baik. Sedangkan saya sendiri sebagai musisi pada saat itu sedang bikin album instrumental, nggak ada liriknya, mau nanya gimana," jelasnya.

Uki pun akhirnya memilih untuk meyakini pendapat Ustaz soal musik haram dalam ajaran Islam. Hingga saat ini Uki memang sudah tidak pernah lagi tampil bermusik. Usai berhijrah, Uki sepenuhnya menjalani kehidupannya yang baru. Diketahui saat ini Uki berjualan makanan dan terjun ke bisnis fashion.

(kpr/kpr)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER