Peneliti Ungkap Teori Baru soal Penyebab Kematian Bruce Lee

agn | Insertlive
Rabu, 23 Nov 2022 09:40 WIB
Bruce Lee
Jakarta, Insertlive -

Penelitian mengungkapkan teori baru dari kematian sang legenda Bruce Lee. Aktor bela diri asal Hong Kong itu meninggal dunia pada 20 Juli 1973 dulu.

Kala itu Lee disebut meninggal dunia karena edema serebral atau pembengkakan otak.

Berdasarkan hasil penelitiannya, Bruce Lee meninggal dunia karena terlalu banyak mengonsumsi air. Ginjal Bruce Lee disebut tidak mampu untuk mengeluarkan kelebihan air.


Mengutip Variety, penelitian itu dilakukan oleh sekelompok spesialis ginjal di Spanyol. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam Clinical Kidney Journal.

Pemain film Enter The Dragon itu mengidap edema serebral karena hiponatremia atau keadaan kadar natrium dalam darah terlalu rendah.

"Dengan kata lain kami mengusulkan bahwa ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air membunuh Bruce Lee," papar tim penelitian.

Kebiasaan Bruce Lee meminum air berlebih juga sempat diutarakan oleh sang istri Linda Lee Cadwell.

"Kami menyarankan fakta ketika asupan air berlebih diperhatikan sebagai aktivitas biasa yang mungkin telah dilupakan mengingat keadaan luar biasa, berarti itu memang terasa lebih tinggi daripada asupan orang lain pada hari kematian Lee," lanjutnya.

Bahkan di hari kematiannya, Bruce Lee di sebut mengonsumsi ganja yang bisa menyebabkan haus.

UNSPECIFIED - CIRCA 1970:  Photo of Bruce Lee  Photo by Michael Ochs Archives/Getty ImagesUNSPECIFIED - CIRCA 1970: Photo of Bruce Lee Photo by Michael Ochs Archives/Getty Images/ Foto: Michael Ochs Archives

"Sebagai kesimpulan, kami berhipotesis bahwa Bruce Lee meninggal karena suatu bentuk spesifik dari disfungsi ginjal: ketidakmampuan mengeluarkan cukup air untuk mempertahankan homeostasis air, yang terutama merupakan fungsi tubular," jelas penelitian tersebut.

"Ironisnya, Lee membuat terkenal kutipan 'Be water my friend' (jadilah air, kawanku), tetapi kelebihan air akhirnya membunuhnya," lanjutnya.

Bruce Lee meninggal dunia pada usia 32 tahun. Jenazahnya dimakamkan di Lake View Cemetery, Washington, Amerika Serikat.

(agn/agn)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER