6 Kontroversi Hasnaeni Moein 'Wanita Emas' Tersangka Korupsi

agn | Insertlive
Jumat, 23 Sep 2022 16:30 WIB
Hasnaeni Kenapa Disebut Wanita Emas? Ternyata Ini Asal Usulnya Foto: detikcom/Agung Pambudhy
Jakarta, Insertlive -

Mantan artis bernama Hasnaeni Moein atau yang dikenal 'Wanita Emas' sedang jadi pusat perhatian publik setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyelewengan dana PT Waskita Beton Precast pada 2016-2020.

Ia disorot lantaran mengamuk hingga berteriak histeris saat ditangkap oleh Kejaksaan Agung atau Kejagung.

Namun, ternyata sebelum ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi, Hasnaeni Moein pernah terlihat pada sejumlah kontroversi.


Berikut beberapa kontroversi dari Hasnaeni Moein seperti yang dikutip detikcom.

1. Kasus Dugaan Penipuan

Pada 2016 saat Hasnaeni ditunjuk sebagai bakal cagub DKI, ia pernah dilaporkan atas kasus dugaan tender proyek jalan di Jayapura.

Namun, isu itu langsung dibantah oleh Jon Mathias pengacara Hasnaeni. Jon menyebut tidak ada transaksi keuangan antara Hasnaeni dan pelapor Abu Arief Hasibuan.

2. Menantang Ahok

Wanita Emas ternyata pernah menantang Ahok saat Pilgub DKI 2017. Kala itu ia juga ingin maju dalam Pilgub DKI Jakarta.

Namun, setelah sempat menantang, Hasnaeni mengubah sikapnya dan mendukung Ahok. Ia memberikan pujian kepada Ahok setelah mampu membuat rumahnya yang berada di Kemang, Jakarta Selatan tidak kebanjiran lagi.

"Yang jelas kita mendukung calon gubernur yang bisa menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Jakarta. Yang jelas rumah saya sekarang sudah tidak banjir lagi. Alhamdulillah kemarin saya jalan ke Monas, satu biji pun saya enggak melihat sampah," kata dia di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, pada November 2016 lalu.

3. Reklame Disegel

Saat maju dalam Pilgub DKI, Hasnaeni melakukan kampanye dengan memasang spanduk hingga papan reklame.

Namun, papan reklame yang sudah dipasang malah disegel oleh Pemprov DKI lantaran ada dugaan belum membayar pajak atas reklame itu.

"Ya, kan, saya sudah bayar ke pemilik billboard itu. Itu kita langsung sewa sekaligus pajaknya. Sekaligus pajaknya dan pajaknya sebulan itu kalau nggak salah Rp900 ribu atau Rp1,5 juta," tuturnya pada Mei 2016.

4. Bagi-bagi Uang

Hasnaeni Moein alias Wanita Emas juga pernah membuat heboh lantaran bagi-bagi uang dan sembako saat berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Aksi itu pun menimbulkan kerumunan masyarakat hingga akhirnya dibubarkan oleh polisi.

Kejadian itu terjadi menjelang magrib di Blok B Pasar Tanah Abang. Hasnaeni turun dari mobil dan membagikan uang dan sembako pada pemulung yang ada di pinggir jalan.

Baca halaman selanjutnya.

(agn/and)
1 / 2
Loading
Loading
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER