Profil Rima Melati, Artis Senior yang Meninggal di Usia 84 Tahun

YOA | Insertlive
Kamis, 23 Jun 2022 18:21 WIB
Rima Melati Profil Rima Melati, Artis Senior yang Meninggal di Usia 84 Tahun (Foto: Dok. detikHOT)
Jakarta, Insertlive -

Artis senior Rima Melati meninggal dunia pada Kamis (23/6). Ia mengembuskan napas terakhir di usia 84 tahun.

Rima Melati menutup usia di RSPAD Gatot Subroto, Jakata Pusat pukul 15.14 WIB.

"Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu Rima Melati, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat," bunyi pesan yang diterima InsertLive.


"Mohon doanya dan mohon dimaafkan semua kesalahan beliau. Tuhan memberkati kita semua. Amin," lanjut pesan tersebut.

Rima Melati adalah wanita bernama lengkap Marjolien Tambajong yang lahir pada 22 Agustus 1939. Ia berkarier sebagai aktris, model, dan penyanyi Indonesia keturunan Belanda dan Minahasa.

Ketika di bangku SD Kebangkitan Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), Rima pernah satu kelas dengan mantan Presiden Indonesia keempat, Abdurrahman Wahid.

Nama Rima Melati diperoleh dari pemberian Presiden Soekarno. Saat itu, sekitar awal 1960-an Bung Karno sering mengganti nama orang yang dirasa kebarat-baratan.

Selain itu, nama Rima sebenarnya akan diberikan Lientje kepada anak yang sedang dikandungnya. Pada saat itu Marjolien yang sedang mengandung anak kedua, ingin memberi nama Rima kepada si anak jika perempuan.

Ia diilhami tokoh Rima the Bad Girl dalam film Green Mansions (1959) yang diperankan Audrey Hepburn. Sayang, janin itu meninggal sebelum dilahirkan. Lientje yang terpukul, menceritakan peristiwa itu kepada Bung Karno, sekaligus mengutarakan keinginannya untuk mengambil alih nama Rima, dikombinasi dengan "Melati".

Ia telah dinominasikan untuk beberapa penghargaan, termasuk enam Piala Citra Festival Film Indonesia dan memenangkan satu di antaranya, sebagai aktris terbaik untuk perannya di film Intan Berduri.

Rima menikah dengan aktor Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973. Frans dan Rima ternyata sudah dijodohkan sejak berusia masih satu tahun.

Dari pernikahan tersebut, Frans dan Rima memiliki tujuh orang anak. Selama 42 tahun menjadi suami istri, cinta mereka pun akhirnya dipisahkan oleh maut yang menjemput Frans pada 23 Maret 2015.

(yoa/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER