Pedas tapi Ada Benarnya, Respons Kocak Netizen soal PNS Work From Anywhere

INSERTLIVE | Insertlive
Kamis, 12 May 2022 17:55 WIB
Ribuan PNS DKI Jakarta ikuti upacara HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi. Sebanyak 75 bus disiapkan untuk mengangkut para pegawai tersebut.
Jakarta, Insertlive -

Rencana pemerintah soal penerapan WFA (Work From Anywhere) atau kerja di mana saja bagi para PNS (Pegawai Negeri Sipil) dinilai akan mendapat sejumlah tantangan.

Sebagaimana diketahui bahwa usai libur hari raya Idul Fitri pemerintah memberikan kebijakan agar seluruh abdi negara bekerja di rumah mulai Senin (9/5) hingga Jumat (13/5).

Pemerintah beralasan kebijakan bagi PNS bekerja di mana saja berkaitan dengan kemacetan parah yang terjadi selama arus mudik Lebaran.


Selain itu, pemerintah juga meredam tingkat penyebaran virus COVID-19 usai masyarakat Indonesia pergi ke kampung halaman.

Kebijakan penerapan WFA bagi PNS telah disetujui oleh banyak pejabat negara dengan jaminan tak mengganggu jalannya urusan administrasi dalam pelayanan publik.

Kendati demikian, sejumlah pengamat kebijakan publik justru merasakan adanya hal yang harus diperhatikan pemerintah dalam penerapan WFA bagi PNS.

Misalnya menurut Eko Sakapurnama pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia kepada detikcom, ada tiga poin penting sebelum kebijakan WFA bagi PNS dilakukan.

Ketiga poin tersebut adalah infrastruktur yang mendukung sebagai pelayanan publik, pola pikir PNS agar tetap bekerja tanpa diawasi, dan mekanisme kerja yang terstruktur baik.

Di lain hal, kebijakan WFA bagi PNS membuat warganet ikut menyoroti hal tersebut.

Ribuan PNS DKI Jakarta ikuti upacara HUT ke-74 RI di Pulau D Reklamasi. Sebanyak 75 bus disiapkan untuk mengangkut para pegawai tersebut.Ribuan PNS DKI Jakarta/ Foto: Rifkianto Nugroho

Salah satunya adalah celotehan sarkasme soal kebiasaan PNS yang identik dengan permainan Zuma di komputer.

"PNS bisa WFA terus gedung bisa disewakan makin keliatan banget kalau mereka memang gabut. Main kodok zumanya sekarang beda suasana," komentar akun @jack***.

"Sistem kerja PNS mau dibuat WFA (Work From Anywhere). Semoga tidak ada celah bagi oknum PNS tamatin game Zuma lebih cepat," sambung akun @marna***.

Selain itu, warganet juga menyoroti kebijakan WFA bagi PNS artinya tak ada jam kerja yang teratur.

"Wfh lebih berantakan jadwalnya.. gak ada jam kantor :).. jd kerja kerja kerja kek kerja rodi :)," imbuh akun @ad16***.

"Siap2 WFA? Lah yg dari kmaren itu apa ya? Simulasi? Cuti udah approve di sistem tapi WA isinya tetap perintah dan info deadline sebelum lebaran. Jam kerja nggak jelas," tandas akun @puding_***.

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER