Apa Bedanya Mother's Day di Amerika dan Hari Ibu di Indonesia?

YOA | Insertlive
Minggu, 08 May 2022 20:05 WIB
Mothers day greeting card, invitation. Brush script, calligraphic design. White label with ribbon, flowers, leaves and striped background, stock vector illustration.
Jakarta, Insertlive -

Mother's Day di Amerika pada 2022 ini jatuh pada 8 Mei. Sedangkan Hari Ibu di Indonesia kelak akan jatuh pada 22 Desember 2022. Apa bedanya?

Mothers' Day dan Hari Ibu bisa dibilang merupakan perayaan yang sama. Pada hari spesial tersebut, orang-orang memberikan hadiah, kartu ucapan, bunga hingga makanan untuk para ibu.

Sejarah Mother's Day

Melansir Time and Date, Mothers day diinisiasi oleh dua perempuan bernama Julia Ward Howe dan Anna Jarvis. Namun, ada juga yang menyebut Juliet Calhoun Blakely menginisiasi Mothers day di Michigan pada akhir 1800-an.


Mother's Day di Amerika Serikat dimulai pada abad ke-19. Pada tahun sebelum-sebelumnya terjadi perang saudara. Ann Reeves Jarvis dari West Virginia kemudian membuat Klub Kerja Hari Ibu untuk mengajari para wanita setempat cara merawat anak-anak mereka dengan benar.

Klub tersebut kemudian berkembang dan menjadi menjadi kekuatan pemersatu di wilayah negara yang masih terpecah karena Perang Saudara. Kemudian pada 1868, Jarvis mengadakan Friendship Mother's Day yang bertujuan untuk mempromosikan perdamaian.

Selanjutnya menyadur dari laman History, Julia Ward pada 1870 menulis tentang proklamasi Mother's Day. Proklamasi itu berisi yang mengajak para ibu untuk bersatu dalam mempromosikan perdamaian dunia.

Pada tahun 1873 Howe mengkampanyekan "Hari Perdamaian Ibu" yang akan dirayakan setiap 2 Juni.

Sedangkan, pionir Mothers day lainnya yaitu Juliet Calhoun Blakely seorang aktivis yang mengilhami Mother's Day di Michigan pada 1870-an. Juliet saat itu dibantu oleh Mary Towles dan Frank Hering untuk merayakan Mother's Day pada akhir abad 19.

Anna Jarvis lalu merubah Mothers day menjadi hari libur nasional. Liburan Mother'ss day diresmikan setelah kematian ibunda Anna pada tahun 1905. Anna Jarvis memahami Hari Ibu sebagai cara untuk menghormati pengorbanan yang dilakukan ibu untuk anak-anak mereka.

Sejarah Hari Ibu

Hari Ibu di Indonesia Diwali dari pertemuan antar pejuang wanita yang mengadakan kongres perempuan pada 1928. Organisasi perempuan tersebut diawali sejak 1912 yang diinisiasi oleh M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.

Pada tanggal 22-25 Desember 1928, kumpulan organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta. Kongres tersebut dihadiri oleh 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera, dan membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

(yoa/yoa)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER