VIRAL

Ternyata, TV Korea Selatan Pernah Cemooh Indonesia di Asian Games 2018

nap - INSERTLIVE
Senin, 26 Jul 2021 14:54 WIB
Fireworks explode over the Gelora Bung Karno main stadium during the closing ceremony of the 2018 Asian Games in Jakarta on September 2, 2018. / AFP PHOTO / Juni Kriswanto
Jakarta, Insertlive -

Ulah jahat stasiun televisi Korea Selatan terhadap Indonesia dengan menyiarkan keterangan yang tidak ada hubungannya dengan pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 bukan yang pertama kali terjadi.

Ternyata, pada penyelenggaraan Asian Games 2018, salah satu televisi Korea Selatan KBS juga pernah menghadirkan tayangan yang dinilai menodai citra Indonesia sebagai negara penyelenggara Asian Games 2018.

Pada saat acara penutupan Asian Games 2018 lalu KBS malah menampilkan kawasan kumuh Jakarta saat acara penutupan Asian Games 2018. 


Tayangan KBS yang tidak ada kaitannya dengan Asian Games itu memperlihatkan barisan rumah pinggir kali reyot dan warga yang tinggal di perumahan gang sempit.

Padahal, Korea Selatan juga memiliki banyak kawasan kumuh yang tersebar luas, terutama di Seoul.

Pada tahun 2018, PBB mencatat perumahan warga miskin masih menjadi masalah yang tak kunjung selesai di Korea Selatan.

Lalu, generasi muda Negara Ginseng yang berusia di bawah 35 tahun dan sudah bekerja memiliki kemampuan sewa tempat tinggal dengan rasio kurang dari 50 persen.

Oleh karena itu, beberapa warganet Indonesia menganggap aksi rasis yang dilakukan oleh Korea Selatan sudah biasa mereka lakukan dan tidak terpikir bahwa hal itu menyakiti banyak orang. 

Ironisnya, Korea Selatan termasuk dalam deretan negara yang membuat kampanye anti rasisme.

"Yahh gimana yahh, 2018 aja KBS juga ngelakuin hal yg sama ke Indonesia,jadi minta maaf untuk apa??? Udah biasa kan buat kalian?!" tulis @bew***.

"Kebiasaan dehhh....jadi jurnalis utk event internasional tapi julid & rasis. Bikin kampanye anti rasis tp mrk sendiri rasis. Mungkin iri sama Indonesia ya......makanya sering jelek2in" tulis @lusi***.

"aku kpopers tp ikut menyesalkan media sana yg suka framing jelek negara lain dan ngebentuk mindset "our nation is better" pdhl korea jg pernah jd negara berkembang" tulis @fixx***.

Baru-baru ini MBC memperkenalkan Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020 sebagai salah satu negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia. Mereka mengolok-olok Tanah Air dengan menampilkan tingkat GDP yang rendah. 

Mereka bahkan menggunakan foto peta Indonesia dengan penempatan lokasi yang salah karena titik keterangan malah menunjukkan Malaysia.

MBC kini telah meminta maaf kepada semua negara yang mereka 'olok-olok' dan 'permalukan' pada tayangan pembukaan Olimpiade 2020. 

"Kami meminta maaf kepada sejumlah negara dan para penonton. MBC mengunakan gambar dan judul yang tidak layak selama upacara pembukaan Olimpiade Tokyo pada 23 Juli 2021. Kami dengan tulus meminta maaf keppada sejumlah negara dan penonton," tulis MBC melalui pernyataan tertulis. (syf/syf)

(nap/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER