Reaksi Sinis Ayang soal Khalid Basalamah Sarankan Tak Nyanyi Indonesia Raya

DIS - INSERTLIVE
Jumat, 28 May 2021 14:40 WIB
Khalid Basalamah
Jakarta, Insertlive -

Pendakwah kondang Ustaz Khalid Basalamah menuai kontroversi usai melakukan dakwah terkait sarannya untuk tak menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya.

Dalam potongan video berdurasi 35 detik yang diunggah akun Twitter @AhlulQohwah itu Ustaz Khalid menyarankan pengikutnya untuk tidak menyanyikan Indonesia Raya saat upacara penaikan bendera.

"Saran saya nggak usah ikut! Nggak usah ikut (menyanyikan)," kata Khalid tegas.


Pernyataan tersebut berawal ketika Ustaz Khalid mendapatkan pertanyaan dari salah seorang pendakwahnya soal menyanyikan lagu Indonesia Raya tiap upacara bendera di sekolah.

Professor Bidang Kajian Timur Tengah Ayang Utriza pun langsung memberikan komentarnya menanggapi jawaban dari Ustaz Khalid Basalamah.

Menurut Ayang, sang pendakwah harus hengkang dari Indonesia bila tak ingin menyanyikan lagu nasional tersebut.

Secara implisit Ayang menilai sikap Ustaz Khalid Basalamah adalah bentuk sikap tak mencintai bangsa dan negara.

"Taz, jika tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' dan menolak mencintai negara dan bangsa ini. Silakan pindah ke Saudi Arabia, tempat dan sumber Salafi-Wahabi yang Anda sebarkan di NKRI ini!" cuit Ayang.

Cuitan Ayang Utriza ramai dikomentari warganet. Sebagian besar pro dengan cuitan Ayang dan menyentil Ustaz Khalid soal pemutaran lagu kebangsaan di radio miliknya. 

"Nggak konsisten banget orang disarankan gk usah nyanyi lagu kebangsaan tp di radio wahabi tiap pagi disetel lagu kebangsaan?pertanyaan saya...WHY?" komentar warganet. 

"Apakah nabi melarang umatnya utk menyanyikan lagu kebangsaannya kok dia sampai menyarankan gk usah ikut nyanyi lagu Indonesia Raya?pdhl nabi itu orang yg cinta ke tanah airnya knp umatnya gk boleh cinta tanah airnya sendiri?," timpal lainnya. 

Hingga kini, Ustaz Khalid Basalamah masih belum membuat klarifikasinya soal hal ini. 

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER