Heboh Gus Miftah Orasi di Gereja, Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Fatwa Pendiri NU

DIS - INSERTLIVE
Rabu, 05 May 2021 11:27 WIB
Beredar video Gus Miftah saat beri ceramah di Gereja Bethel, Gereja Karismatik di Indonesia. Yuk kita intip penampakannya! Heboh Gus Miftah Orasi di Gereja, Ustaz Adi Hidayat Ingatkan Fatwa Pendiri NU (Foto: instagram.com/gusmiftah)
Jakarta, Insertlive -

Gus Miftah menuai pro kontra ketika menghadiri dan berorasi saat peresmian Gereja Bethel Indonesia (GBI) Amanat Agung di Penjaringan, Jakarta Utara.

Orasi tersebut membuat Gus Miftah dituding kafir karena datang dan memberikan sambutan di gereja.

Ustaz Abdul Somad atau UAS pernah membahas soal tersebut ketika memberikan tanggapan soal film The Santri di akun YouTube pribadinya. UAS menyatakan masuk ke rumah ibadah agama lain adalah haram.


"Haram hukumnya masuk ke rumah ibadah orang lain. Haram! Karena Nabi tak mau masuk ke dalam tempat kalau di dalam (tempat) itu ada berhala. Maka dalam Islam, mazhab Syafi'i mengharamkan masuk ke dalam rumah ibadah di dalamnya ada berhala," kata Ustaz Abdul Somad dilansir dari channel YouTube pribadinya.

Selain UAS, Ustaz Adi Hidayat juga pernah menyampaikan soal hukum masuk gereja di mana ia mengutip dari kitab Risalah Ahlissunnah wal Jamaah karya pendiri Nahdlatul Ulama KH Muhammad Hasyim Asy'ari.

"Yang menarik di halaman 14 kata beliau bahkan nanti akan ditemukan orang maaf-maaf (ikut) ke gereja. Jadi tahun 1330 itu sudah ada yang ikut-ikutan. Kan Portugis yang pertama kali membawa agama Kristen Katolik ke kita ke Nusantara lewat Selat Malaka. Dia masuk ke wilayah timur membawa tiga misi Gold, Glory, and Gospel," ucap ustaz Adi Hidayat dalam video di channel Love Islam.

"Di masa tahun 1330 Hijriah berkembang itu, KH Hasyim Asy'ari memberikan fatwa tidak boleh ikut-ikutan masuk ke gereja. Bahkan beliau menghukumi, maaf, menghukumi siapa yang ikut ke sana (gereja) atau bahkan mengenakan simbol-simbol, pakai topi, dan sebagainya maka ikut kekafiran mereka. Itu keluar fatwa," lanjut Ustaz Adi Hidayat.

Menanggapi hal tersebut, Gus Miftah sendiri sudah memberikan klarifikasinya ke publik soal banyaknya tudingan kafir pada dirinya.

(dis/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER