Konflik Perbatasan, India Boikot Aplikasi TikTok

dis - INSERTLIVE
Selasa, 30 Jun 2020 18:18 WIB
Logo TikTok
Jakarta, Insertlive -

Kebijakan terbaru India dengan memboikot aplikasi asal Cina mengejutkan publik. Melalui utas di akun Twitter Govind Malinda, ia membuat daftar panjang 58 aplikasi buatan Cina yang telah diblokir di India.

Kebijakan ini menyusul ketegangan meningkat di antara kedua negara karena adanya konflik di perbatasan kedua negara yang menewaskan 20 tentara India.

Kementerian Teknologi dan Informasi India menyatakan bahwa semua aplikasi tersebut diblokir karena telah mengancam kedaulatan dan integritas, pertahanan, keamanan dan ketertiban umum India.


"Kami telah menerima banyak keluhan dari berbagai sumber terkait aplikasi-aplikasi yang diduga mencuri dan membagikan data pengguna tanpa izin," ujar pihak Kementerian Teknologi dan Informasi India, dikutip dari ndtv.com.

Adapun aplikasi Weibo, Mobile Legends, WeChat, Bigo Live dan Clash of Kings ikut diblokir hingga waktu yang belum ditentukan.

Menurut data, pengguna TikTok sendiri di India telah mencapai angka 120 juta masyarakat. Pemblokiran TikTok sendiri bukan kali pertama karena pemerintah India sempat meminta Google dan Apple untuk menghapus aplikasi TikTok, karena dikhawatirkan menjadi platform berbagi pornografi.

(dis/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER