Tokoh Spiritual Jawa Gelar Ritual Tolak Bala Usir Wabah Corona

Damar Sinuko - INSERTLIVE
Jumat, 20 Mar 2020 22:55 WIB
Tokoh spiritual Jawa, Mbah Bejo menggelar ritual tolak bala untuk mengusir wabah Corona.
Jakarta, Insertlive - Mewabahnya virus corona COVID-19 di Indonesia, membuat salah satu tokoh spiritual dan budayawan asal Semarang, Nuryanto atau lebih dikenal dengan Mbah Bejo melakukan sebuah ritual.

Pertama-tama Mbah Bejo mengguyur warga yang mengeluh sakit dengan air kembang tujuh rupa. Setelah itu, Mbah Bejo melempar garam keempat penjuru mata angin sebagai simbol mengusir virus corona.

Lewat ritual yang sudah dilakukan secara turun-temurun ini, Mbah Bejo yakin semua wabah atau penyakit akan bisa teratasi dan segera hilang.


"Dengan saya ritual seperti ini dengan adat Jawa saya, mungkin adat-adat yang lain dari tanah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan dari Sabang sampai Merauke kalau seperti ini bisa menyatu seperti ini," ungkap Mbah Bejo, usai melakukan ritual di kediamannya di kawasan Majapahit, Semarang, Jawa Tengah.

"Insyallah semuanya akan sirna, prahoro seperti ini, pagebluk (wabah) seperti ini itu pasti ada penangkalnya, ini bukan mainan anak-anak ini salah satu ritual adat Jawa saya," lanjut pria paruh baya itu.

Mbah Bejo berharap ritualnya ini akan dicontoh oleh adat lain sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi panik menghadapi wabah yang berasal dari Wuhan, China tersebut.
Ritual Mbah BejoRitual Mbah Bejo/ Foto: Damar Sinuko

"Dengan adanya virus seperti ini, dengan adanya pagebluk (wabah) seperti ini ayo ditanggulangi bareng-bareng dan nggak usah panik. Semakin kita takut berarti kita akan semakin dekat dengan penyakit itu sendiri," lanjut Mbah Bejo.

Dia melanjutkan, tujuan dilakukannya ritual ini tak lain adalah untuk membersihkan diri juga agar bisa lebih dekat dengan Yang Maha Kuasa.

"Karena adat saya di manapun, ada wabah apapun ternyata dengan penanggulangan seperti ini yang sudah-sudah itu akan sirna. Moga-moga semuanya bisa mengikuti dengan cara apapun, ayo kita bersatu meyakinkan diri pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa," pungkas Mabah Bejo.

[Gambas:Video Insertlive]



(arm/arm)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER