Menurut Pakar Pengakuan Agnez Mo Tekankan Bhinekanya Indonesia

ikh | Insertlive
Rabu, 27 Nov 2019 08:54 WIB
Agnez Mo jadi sorotan publik usai menyatakan tak berdarah Indonesia.
Jakarta, Insertlive - Agnez Mo jadi sorotan publik usai video pengakuan tak berdarah Indonesia viral di jagat maya. Hal itu terjadi saat Agnez diwawancarai sebuah media di Amerika Serikat.

Dalam wawancara tersebut sang pemandu acara, Kevan Kenney mencoba mengungkapkan sosok Agnez. Menurut Kevan tersebut ada banyak kesalahpahaman dalam mengenal jati diri Agnez.

"Aku pikir ada banyak kesalahpahaman tentang dirimu, bahkan kalau dilihat aku juga tidak tahu, seberapa beragam kultur Indonesia?," tanya Kevan di tayangan Youtube, Rabu (27/11).

Hal itu membuat Agnez bersemangat untuk mengenalkan Indonesia kepada Kevan. Agnez bahkan dengan bangga dan cerdas berusaha menjelaskan Indonesia hanya dengan sejumlah kalimat.


"Indonesia sangat menarik, karena terdiri lebih dari 18.000 pulau. Setiap pulau kita punya musik berbeda, beragam pakaian tradisional dan secara umum musik di Indonesia juga sangat beragam, saya tumbuh dengan itu semua. Menarik sekali, saya bernyanyi di gereja dan di sisi lain ada musik tradisional Indonesia dan ini menjadi bagian dari hidup saya. Corak musik yang saya hadirkan bukan semata perwakilan budaya tertentu di Indonesia, tapi lebih dari itu, yakni keterbukaan budaya Indonesia, dan saya berdiri di situ," ungkap Agnez.

Penyanyi kelahiran Jakarta ini juga berusaha menjelaskan bagaimana indahnya toleransi hidup di Indonesia. Bagaimana minoritas mendapat kesempatan yang sama dengan mayoritas di nusantara.

Agnez Mo dan Kevan KenneyAgnez Mo dan Kevan Kenney/ Foto: Youtube/Buildseries

"Saya sebenarnya tidak memiliki darah Indonesia, saya berdarah Jerman, Jepang, China dan aku hanya lahir di Indonesia, apa lagi aku juga nasrani sedangkan di Indonesia mayoritas muslim, aku tidak bilang kalau aku tidak merasa menjadi bagian dari sana, karena masyarakat di sana selalu menerima aku apa adanya, tapi selalu ada perasaan kalau aku tidak seperti orang lainnya. Saya tumbuh dalam budaya yang begitu beragam, inklusivitas budaya adalah apa yang saya perjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika berarti Bersatu Dalam Keberagaman. Senang ketika saya dapat berbagi sesuatu tentang asal dan negara saya. Saya akan selalu jujur dan bersaksi kepada dunia bagaimana minoritas seperti saya diberi kesempatan untuk memiliki mimpi dan mengejar impian kita," ungkap Agnez.

Hidup dalam keragaman budaya, kultur dan agama, membuat Agnez tumbuh menjadi pribadi yang kuat. Bahkan ia juga bersyukur karena keragaman di Indonesia mengajarkan banyak hal tentang indahnya perdamaian.

"Semua itu mengajarkan aku bagaimana merangkul kekurangan, bagaimana merangkul perbedaan, bagaimana merangkul ciri khas," kata Agnez.

Pakar Media Sosial sekaligus Direktur Eksekutif Komunikonten Institut Media Sosial dan Diplomasi, Hariqo menyatakan jika pernyataan Agnez justru menunjukkan bagaimana masyarakat di Indonesia bisa hidup dengan toleransi dan perdamaian. Bahkan toleransi kehidupan di Indonesia justru disampaikan Agnez agar bisa dilihat mata dunia internasional.

"Kalau dipahami terbalik, maka Agnez Monica seperti mengatakan: wahai negara-negara yang warganya mayoritas Kristen, dan negara yang muslimnya minoritas. Kalian harus baik sama orang muslim, karena saya sebagai orang Kristen, bahkan saya tak berdarah Indonesia, tapi saya diperlakukan dengan ramah dan baik sekali di Indonesia yang warganya mayoritas Muslim," ujar Hariqo.

[Gambas:Video Insertlive]

Hebat ya Agnez Mo bisa mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Sekarang, Anda harus menyimak kisah menarik rumah tangga Gibran dan Selvi. Klik banner di bawah ini untuk mengetahui kisah manis keduanya.

(ikh/ikh)
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER