Heboh soal Plagiat Calon Sarjana, Ernest Prakasa: Bikin Malu 1 Negara

Achmad Abdillah - INSERTLIVE
Jumat, 08 Nov 2019 17:11 WIB
Heboh soal Plagiat Calon Sarjana, Ernest Prakasa: Bikin Malu 1 Negara
Jakarta, Insertlive - Media sosial belakangan ini sedang ramai memperbincangkan plagiarisme yang dilakukan kanal YouTube Calon Sarjana. Menanggapi hal itu, komika sekaligus sutradara Ernest Prakasa turut mengungkapkan kekesalannya.

Dalam cuitannya baru-baru ini, Ernest tampak sangat marah dengan perusahaan yang membuat kanal tersebut. Pasalnya bukan sekali ini perusahaan itu bermasalah terkait pelanggaran hak cipta.

Ia bahkan menyebut perusahaan tersebut telah membuat malu satu negara gara-gara ulah plagiarisme atau penjiplakan yang dilakukan.

"Seriusan yutub Calon Sarjana itu kerjaannya Infia juga? Itu perusahaan ga bisa dipenjara ya bosnya? Kok enak banget. Dulu Dagelan udah nyomot2 konten orang seenaknya, sekarang malah bikin malu 1 negara. Bangke amat," tulis Ernest (7/11).

Sebagai seorang seniman, Ernest mengaku sangat sensitif apabila menyangkut kasus pencurian ide. Seperti diketahui, ide merupakan suatu yang sangat penting bagi seniman untuk menghasilkan sebuah karya.

"Sori banget nih. Tapi sebagai sesama seniman/kreator, gw gampang banget kepancing emosi kalo ada kasus pencurian ide. Apalagi oleh korporasi, dan dilakukan berulang-ulang untuk mengeruk keuntungan," ungkapnya.

Sebelumnya, kanal Calon Sarjana mendapat teguran dari kanal YoutUbe lainnya, yakni JT. Hal itu diungkapkan JT dalam sebuah unggahan video, yang menyebut kanal YouTube asal Indonesia dengan 12 juta subscriber telah mencuri video miliknya.


[Gambas:Video Insertlive]


(aca/fik)
KOMENTAR
POPULER