Eksklusif

Cerita HONNE Balik ke Indonesia, Cari Gado-gado hingga Keliling Jaksel

InsertLive | Insertlive
Senin, 21 Nov 2022 19:45 WIB
HONNE Foto: InsertLive/Dias & Syafrina Syaaf
Jakarta, Insertlive -

HONNE duo musik elektronik asal London, Inggris, yang beranggotakan Andy Clutterbuck dan James Hatcher bertandang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Duo musik yang terbentuk pada 2014 itu sudah tak asing lagi namanya di Tanah Air, sejumlah lagu populer mereka masuk dalam playlist favorit pecinta musik Indonesia. 

Keduanya sudah mengunjungi Indonesia sebanyak lima kali, mereka mengaku selalu mendapatkan pengalaman yang menyenangkan setiap tampil dan mengunjungi Indonesia. 


Saat ditanya alasannya kembali ke Indonesia, HONNE mengaku bahwa mereka merindukan makanan gado-gado.

"Ini kelima kalinya kami kemari. Yang membuat kami kembali karena gado-gado. Itu bisa menjadi alasan kami kembali," kata Andy Clutterbuck secara eksklusif pada InsertLive.

HONNEHONNE/ Foto: InsertLive/Dias & Syafrina Syaaf

Pada Oktober 2021 lalu, Andy dan James merilis album terbaru bertajuk Let's Just Say The World Ended A Week From Now, What Would You Do? yang berkolaborasi dengan sejumlah musisi dunia. 

Simak rangkuman wawancara eksklusif tim InsertLive bersama HONNE:

1. HONNE berasal dari bahasa Jepang yang memiliki makna perasaan yang jujur atau true feeling. Apa perasaan yang kalian tunjukkan dalam 'Let's Just Say The World Ended A Week from Now, What Would You Do'?

Andy : That's a good question. Itu sebenarnya berasal dari judul album kami. Judul itu terbaca negatif, tapi kami sebenarnya ingin memberikan impresi yang positif. Kami hanya ingin mencoba merasakan bagaimana hidup tanpa musik. Kami ingin up to date tentang kehidupan sejauh ini, entah mengenai aku atau James.

James : Lagu ini kami bikin dan rilis sebelum pandemi, yaah mungkin kadang kita bisa juga memprediksi bagaimana masa depan.

2. Kami menyukai 'Dancing on The Clouds'. Kami merasakan emosional perasaan di dalamnya. Jadi apa inspirasi atau ide kalian ketika menuliskan dan membuat lagu yang bagus tersebut?

James: Kami memulainya saat memikirkan akan membuat album, kami mulai mencari instrumen yang sesuai, lalu mendengarkan sejumlah lagu. Kami menuliskan lirik yang benar-benar kami rasakan. Lalu, kami mencari melodi serta menulis liriknya.

Andy: Terkadang, kami menulis musik dulu, tapi tak jarang kami sambil menulis liriknya juga. Bisa juga mood memengaruhi proses penulisan lagu juga.

3. Popularitas 'Location Unknown' sangatlah besar. Apa kesuksesan itu memberikan kalian pressure saat membuat karya baru?

James: Aku pikir tidak ada tekanan, tapi lagu itu memang sangat populer karena banyak yang menyanyikannya. Menjadi tekanan saat aku mencoba membuat musik dan berpikir bahwa apa yang aku tulis harus menjadi terbaik. Ibaratnya saat seorang pemain bola ingin menendang penalti harus mencetak skor.Lagu 'Location Unknown' sendiri aku tulis saat aku berpikir bagaimana aku melakukan traveling dan merindukan seseorang. Just basically.

Andy: Well, ketika kamu meletakkan tekanan terlebih dulu, kamu berhenti mencoba, dan ketika kamu mencoba, kamu berusaha terlalu keras, hal-hal buruk bisa terjadi karena itu, kamu jadi tidak menikmati apa yang kamu lakukan 

HONNEHONNE/ Foto: InsertLive/Dias & Syafrina Syaaf

4. Apa yang kamu rasakan saat kembali ke Indonesia? 

Andy : Kami sangat senang kembali ke Indonesia karena semenjak pandemi kami tak bisa ke mana-mana. Kami rencananya akan explore south Jakarta untuk melakukan banyak hal saat free time, misalnya mencari kafe yang cozy dan bagus.

5. Kalian telah bekerja sama dengan sejumlah musisi seperti BTS, Tom Misch, SG Lewis, dan Georgia. Siapa lagi yang akan kalian ajak kolaborasi?

James: Dalam album terakhir, kami banyak bekerja sama dengan sejumlah musisi. Kami sekarang belum tahu akan berkolaborasi dengan siapa selanjutnya.

6. Punya pengalaman tak terlupakan dengan para penggemar?

Andy: Kami pernah ke Filipina dan menggelar konser di suatu mal. Setelah konser berakhir ada barisan fans yang menunggu dan kami harus melewati itu semua.Sementara petugas keamanan sudah menghalau fans tersebut untuk lebih dekat ke kami, tapi, seluruh fans justru semakin mendekat dan too crowded. Saat itu seru banget sih, melihat antusias penggemar untuk mendengar langsung lagu kami.

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER