Diserang Aktivis Disabilitas, Beyonce Ubah Lirik Lagu di Album 'Renaissance'

Yogi Alfian | Insertlive
Selasa, 02 Aug 2022 16:00 WIB
Beyonce
Jakarta, Insertlive -

Beyonce memutuskan untuk mengganti lirik kontroversial di lagu Heated dalam album Renaissance yang dianggap menyinggung kaum disabilitas. Pemilihan kata "spaz" di lagu Heated rupanya membuat para aktivis disabilitas tidak terima.

Para aktivis disabilitas sebelumnya mencatat bahwa kata "spaz" berasa dari kata "spastis". Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), spastisitas adalah gangguan gerakan yang melibatkan otot kaku dan gerakan canggung yang dialami oleh 80 persen penderita cerebral palsy.

Aktivis disabilitas dari Australia Hannah Diviney mengatakan penyertaan kata "spaz" oleh Beyonce merupakan tamparan bagi komunitas disabilitas yang sebelumnya dibuat terkait kasus pada Lizzo.


"Kurasa aku akan terus memberi tahu seluruh industri untuk 'melakukan yang lebih baik' sampai kata berkonotasi penghinaan itu menghilang dari dunia musik," ujar Diviney melalui Twitter.

Dilansir dari Billboard, Selasa (2/8), juru bicara Beyonce telah menyampaikan bahwa lirik di lagu Heated akan diganti dalam waktu dekat agar permasalahan selesai.

"Kata itu, yang tidak digunakan dengan sengaja dengan cara yang berbahaya, akan diganti," ujar juru bicara Beyonce.

Album ketujuh Beyonce Renaissance telah dirilis pada Jumat (29/7). Album ini melibatkan banyak kolaborator seperti Nile Rodgers, Skrillex, Nigeria Tems, Grace Jones, hingga Jay-Z.

(yoa/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER