Tak Sekadar Akting, Ini Bukti Iqbaal Ramadhan Kagum dengan Raden Saleh

agn | Insertlive
Jumat, 22 Jul 2022 11:16 WIB
Ini Hal yang Dikagumi Iqbaal Ramadhan dari Sosok Raden Saleh
Jakarta, Insertlive -

Iqbaal Ramadhan mengungkapkan kekagumannya pada sosok pelukis Raden Saleh setelah menjadi salah satu aktor yang membintangi film dengan genre action-heist terbaru Mencuri Raden Saleh.

Pria 22 tahun itu mengaku kagum dengan cara Raden Saleh menyuarakan perjuangan lewat lukisan Diponegoro.

"Cara dia (Raden Saleh) untuk menyuarakan apa yang dibela ya maksudnya si lukisan yang diculik ini adalah salah satu bentuk perlawanannya dia terhadap kolonial Belanda," ucap Iqbaal Ramadhan saat media junket Mencuri Raden Saleh di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/7).


"Ternyata lukisan itu sudah pernah dibikin sama pelukis Belanda cuma Diponegoro-nya itu digambarkan lemah, kayak orangnya kerdil, sementara orang Belandanya gagah dan menurut Raden Saleh itu adalah sebuah penculikan gitu," lanjutnya.

Raden Saleh pun melukis kembali peristiwa pengkhianatan pihak Belanda pada Pangeran Diponegoro dalam mengakhiri Perang Jawa pada 1830.

Lewat lukisan yang bernama Penyerahan Diri Diponegoro menjadi bukti nyata nasionalisme Raden Saleh akan tanah kelahirannya di Jawa.

"Jadi ada dua sisi cerita nah Raden Saleh justru berusaha untuk menyuarakan bukan seperti itu yang terjadi tapi ini adalah penculikan. Akhirnya terjadilah penculikan lukisan Diponegoro ini," kata Iqbaal.

Ini Hal yang Dikagumi Iqbaal Ramadhan dari Sosok Raden SalehIni Hal yang Dikagumi Iqbaal Ramadhan dari Sosok Raden Saleh/ Foto: Instagram

Film Mencuri Raden Saleh adalah film heist-action yang mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa yang berencana untuk mencuri lukisah bersejarah Penangkapan Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh.

Lukisan tak ternilai harganya itu diletakkan di Istana Presiden. Para mahasiswa memiliki peran dan tugasnya masing-masing dalam menjalankan rencana pencurian tersebut.

Selai Iqbaal Ramadhan, Mencuri Raden Saleh juga dibintangi oleh Angga Yunanda, Rachel Amanda, Umay Shahab, Aghniny Haque, dan Ari Irham.

(agn/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER