Tonggak Sejarah Baru, Golden Globes Nominasikan 3 Sutradara Wanita

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Rabu, 17 Feb 2021 14:42 WIB
FILE - In this Jan.. 6, 2009, file photo, Golden Globe statuettes are seen during a news conference at the Beverly Hilton Hotel in Beverly Hills, Calif. The Hollywood Foreign Press Association says the ceremony will be held Feb. 28, 2021. (AP Photo/Matt Sayles, File)
Jakarta, Insertlive -

Pada tahun 2018, Natalie Portman sempat meramaikan pemberitaan karena melemparkan kritik mengenai sedikitnya sutradara wanita yang masuk nominasi Golden Globes.

Portman melontarkan sindiran saat berada di atas panggung Golden Globes mempersembahkan penghargaan untuk sutradara terbaik.

"Nominasi ini semuanya laki-laki," ucap Portman kala itu.


Ternyata, butuh tiga tahun untuk Golden Globe akhirnya mengakui deretan karya sutradara wanita untuk akhirnya masuk dalam nominasi Sutradara Terbaik.

Kini, Hollywood Foreign Press Association - organisasi pemungutan suara di balik acara penghargaan tahunan - menominasikan bukan hanya satu, bukan dua, tapi tiga sutradara wanita pada kategori Sutradara Terbaik, Chloe Zhao untuk Nomadland, Emerald Fennel untuk Promising Young Woman, dan Regina King untuk One Night in Miami.

Tiga sutradara wanita tersebut akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dengan dua sutradara pria, David Fincher untuk Mank dan Aaron Sorkin untuk The Trial of the Chicago 7.

Nominasi dengan deretan tiga sutradara ini menjadi tonggak sejarah baru karena lebih dari satu wanita diakui dalam kategori Sutradara Terbaik.

Lebih kurang selama 70 tahun Golden Globes berlangsung hanya lima sutradara wanita yang berhasil masuk nominasi Sutradara Terbaik, Barbara Streisand tahun 1984 untuk YentI, Sofia Coppola tahun 2004 untuk Lost in Translation, Kathryn Bigelow tahun 2011 dan 2013 untuk The Hurt Locker serta Zero Dark Thirty, dan Ava DuVernay tahun 2015 untuk Selma.

The Future is Female!

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER