Hati-hati, Cari Nama Mick Jagger di Internet Bisa Bikin Komputer Kena Virus

Yogi Alfian - INSERTLIVE
Rabu, 07 Oct 2020 10:00 WIB
Mick Jagger
Jakarta, Insertlive -

Mick Jagger sang vokalis The Rolling Stones terpilih menjadi salah satu nama selebriti dunia yang paling berbahaya dicari di internet.

Melansir NME, sebuah perusahaan antivirus komputer kenamaan mengungkap bahwa penyanyi ikonik itu tergabung bersama nama-nama seperti Idris Elba dan Ricky Gervais yang memungkinkan orang terkena malware atau virus di komputer.

Di antara nama-nama tersebut, ada presenter Graham Norton yang masih menduduki posisi teratas sebagai nama yang paling berbahaya dicari di internet.


Sementara Mick Jagger menempati posisi kelima. Nama-nama lain yang mendekati urutannya adalah Ruth Jones, Margot Robbie, Idris Elba, Kate Moss, Bella Hadid dan Mary Berry.

"Kami tahu bahwa penjahat online menggunakan daya tarik konsumen terhadap nama besar selebriti untuk mengarahkan penggemar yang tidak menaruh curiga ke situs web jahat yang memasang malware di perangkat mereka," kata Raj Samani selaku perwakilan perusahaan antivirus McAfee.

Raj Samani mengaku tak heran dengan fenomena ini. Dia merasa para pengguna internet kadang mudah terpengaruh dengan daya tipu para penjahat yang menyebarkan virus.

"Jadi tidak mengherankan bahwa kami telah melihat salah satu harta nasional paling dicintai di Inggris menduduki puncak daftar, dengan peretas yang mengeksploitasi popularitasnya. Konsumen kini lebih sering menelusuri web untuk hiburan online gratis," tuturnya.

"Karena penjahat dunia maya terus menerapkan praktik penipuan seperti situs palsu yang mengklaim menawarkan konten gratis, penting bagi penggemar untuk tetap waspada tentang melindungi kehidupan digital mereka dan berpikir dua kali sebelum mengklik," katanya menambahkan.

McAfee melakukan penelitian tersebut dengan cara mencari nama selebritas yang sering muncul di samping frasa pencarian seperti 'torrent', 'free mp3', 'nudes' atau 'bajakan download'.

[Gambas:Video Insertlive]



(yoa/agn)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER