Mahkota Plastik Ikonik Notorious BIG Laku Terjual Rp8,8 Miliar

ikh - INSERTLIVE
Rabu, 16 Sep 2020 22:30 WIB
Notorious BIG
Jakarta, Insertlive -

Mahkota plastik ikon milik Notorious BIG telah terjual $600 ribu. Mahkota itu terjual dalam pelelangan Sotheby's hip-hop memorabilia auction yang digelar di New York.

Rapper bertubuh besar yang akrab disapa Biggie memakai mahkota itu saat sesi pemotretan dengan Barron Claiborne pada 1997. Sesi pemotretan itu tepat tiga hari sebelum Biggie meninggal dunia karena ditembak di Los Angeles.

Dalam unggahan di Instagram Sothebys terpampang foto Biggie saat memakai mahkota tersebut. Di samping foto tersebut terlihat mahkota asli yang terjual dengan harga Rp8,8 miliar.


"Semua memuji Raja New York!. Malam ini selama lelang Hip Hop perdana kami, salah satu simbol paling ikonik dari kejayaan Hip Hop: mahkota dikenakan dan ditandatangani oleh Notorious BIG dari@barronclaibornePemotretan ikonik 1997 'King of New York' untuk Majalah Rap Pages dijual seharga $600.000. Foto itu adalah salah satu gambar yang paling dikenal dalam budaya Hip Hop dan telah bertahan sebagai potret penentu seniman lebih dari 20 tahun sejak diambil," tulis akun Sothebys di Instagram, Rabu (16/9).

Lelang yang sukses mengumpulkan dana $29 miliar itu dibuat dalam rangka perayaan sejarah dan dampak budaya Hip Hop terhadap seni dan budaya. Selain mahkota Biggie, acara tersebut juga melelang 22 surat cinta yang ditulis Tupac Shakur untuk kekasih di masa SMA. Selain itu ada juga penutup mata berlian Slick Rick , jaket Salt-N-Pepa dari video musik 'Push It', dan masih banyak lagi.

"Mencapai total keseluruhan $2 juta, lelang tersebut merupakan perayaan sejarah dan dampak budaya Hip Hop terhadap seni dan budaya dari akhir 1970-an hingga "Zaman Keemasan" dari pertengahan 1980-an hingga pertengahan 1990-an, dan hingga saat ini. Mayoritas barang yang termasuk dalam penjualan dikirim langsung dari artis dan tokoh Hip Hop yang paling penting dan terkenal, beberapa di antaranya akan membagikan hasil penjualan mereka dengan berbagai badan amal," lanjut akun Sothebys.

[Gambas:Instagram]



Seluruh hasil pelelangan ini akan didonasikan ke organisasi Queens Publik Library dan Building Beats. Donasi ini akan digunakan untuk mendukung program pendidikan bagi anak muda kurang mampu.

"Sebagian dari hasil penjualan Sotheby sendiri akan digunakan untuk program Hip Hop di@qplnyc, sebaik @buildingbeats, sebuah organisasi komunitas nirlaba yang mengajarkan ketrampilan teknologi, kewirausahaan dan kepemimpinan kepada kaum muda yang kurang mampu melalui program DJ dan musik," tutup akun Sothebys.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/dia)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER