Joy Division Gelar Acara Virtual Kenang 4 Dekade Kematian Ian Curtis

ikh - INSERTLIVE
Selasa, 19 May 2020 16:57 WIB
Ian Curtis Joy Division
Jakarta, Insertlive -

Sudah 4 dekade pentolan band Joy Division Ian Curtis meninggal dunia. Para mantan personil Joy DIvision seperti Bernard Sumner dan Stephen Morris pun menggelar sebuah acara untuk mengenang kematian Ian.

Acara yang digelar secara virtual tersebut bertajuk Moving Through the Silence: Celebrating The Life and Legacy of Ian Curtis.

Kisah kehidupan Ian yang mengalami epilepsi dan depresi hingga meninggal dunia di usia 17 tahun pada 18 Mei 1980 diangkat dalam acara ini.


Disiarkan langsung selama dua jam melalui situs United We Stream, acara tersebut dipandu oleh Dave Haslam. Pentolan The KillersBrandon Flowers bahkan juga ikut terlibat dalam acara tersebut. Selain itu acara ini juga menggalang dana untuk yayasan kesehatan mental Manchester Mind.

[Gambas:Youtube]



"Acara berdurasi dua jam ini merupakan malam spesial penuh musik, puisi, dan perbincangan untuk mengenang hidup dan warisan Ian Curtis," ujar penyelenggara dikutip dari NME, Selasa (19/5).

Mantan personil yang lain, Peter Hook juga menayangkan film yang merekam kala bandnya The Light menampilkan sejumlah lagu Joy Division pada 2015. Rekaman konser berjudul So This Is Permanent itu disiarkan langsung melalui akun resmi Youtube Joy DIvision.

Konser untuk mengenang Ian Curtis itu diketahui berada di Christ Church, Macclesfield. Rekaman tersebut juga akan dirilis dalam format DVD dan bakal dirilis ke pasaran pada Juni 2020.

"Itu adalah gereja yang biasa dikunjungi Ian saat masih anak-anak, dia menjadi bagian dari paduan suaranya. Kami menyelamatkan gereja itu dengan menggelar konser amal. Kami memainkan semua lagu Joy Division yang pernah ditulis dan merekamnya langsung. Totalnya empat jam dan kami sangat bangga dengan itu," ujar Hook kepada NME.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/des)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER