Masuk 6 Nominasi Oscar 2020, Parasite Cetak Sejarah

nap - INSERTLIVE
Selasa, 14 Jan 2020 10:41 WIB
Film Parasite masuk dalam 6 nominasi di ajang bergengsi Piala Oscar 2020.
Jakarta, Insertlive - Nominasi Academy Awards atau Piala Oscar 2020 telah diumumkan Senin (13/1). Film Parasite dari Korea Selatan membuat sejarah bagi Korea Selatan. Film yang disutradarai Bong Joon Ho ini masuk dalam 6 nominasi di Piala Oscar 2020. Ini untuk pertama kalinya film Korea Selatan masuk nominasi Oscar untuk film terbaik dan film internasional terbaik. 

Pada tahun 2018 lalu, sebuah film berjudul Burning juga sempat di gadang-gadang masuk di nominasi Oscar. Para pelaku film di Negeri Ginseng tersebut sudah berharap banyak film ini mampu masuk nomonasi. Namun, saat nominasi diumumkan, film itu tidak masuk satu nominasi pun. 

Film Parasite mendapatkan 6 nominasi di OscarFilm Parasite mendapatkan 6 nominasi di Oscar/ Foto: Instagram/1stlookofficial



Tak heran, masuknya Parasite dalam 6 nominasi lanngsung di Piala Oscar 2020 menjadi kebanggaan dan sejarah tersendiri bagi Korea Selatan. Tak hanya itu, sang sutradara Bong Joon Ho juga masuk dalam nominasi sutradara terbaik, bersaing dengan Sam Mendes, Quentin Tarantino, Todd Philips, dan Martin Scorsese. Film ini juga masuk nominasi dalam kategori naskah terbaik.


Film Parasite ini, disambut dengan hangat oleh para kritikus ketika pertama kali ditayangkan pada Festival Film Cannes tahun 2019 lalu. Kisah tentang keluarga seniman dan penipu ini juga memenangkan Palme d'Or, sebuah penghargaan tertinggi di Cannes.

Tahun lalu, setelah ditayangkan Parasite meraup keuntungan sebesar Rp347 miliar. Minggu lalu di awal tahun 2020, film Bong Joon Ho lainnya juga dikabarkan masuk ke nominasi Oscar namun gagal.

Dalam sebuah wawancaranya, Bong Joon Ho mengatakan jika film Parasite bisa masuk ke nominasi Piala Oscar, ini akan membuat dunia bisa melirik film asal Korea Selatan lainnya.

"Bioskop Korea memiliki banyak sejarah panjang. Ada beberapa film keren yang belum diperkenalkan ke banyak orang di dunia." ucap Bong Joon Ho.

[Gambas:Video Insertlive]

(nap/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER