Gunung di Mekah Menghijau Tanda Akhir Zaman? Ini Kata Ustaz

agn | Insertlive
Selasa, 10 Jan 2023 09:00 WIB
Pegunungan Makkah Al-Mukarramah di Arab Saudi menghijau
Jakarta, Insertlive -

Media sosial dihebohkan dengan penampakan pegunungan di Mekah, Arab Saudi yang menghijau setelah diguyur hujan beberapa waktu terakhir.

Pemandangan langka itu terungkap lewat video yang dibagikan oleh The National. Wilayah yang didominasi oleh gurun dan tanah gersang itu mendadak ditumbuhi rerumputan.

Padahal Arab yang terletak di kawasan Timur Tengah memiliki iklim gurun yang kering.


Lalu apakah fenomena langka tersebut menjadi tanda-tanda akhir zaman?

"Pegunungan Mekah yang kita tahu sebagian besar adalah padang pasir tandus, belakangan menjadi hijau tumbuh rumput-rumputan hijau. Apakah ini tanda akhir zaman?," ucap Ustad Yudin Taqyudin pada Senin (9/1).

"Di dalam teks agama Al Quran ataupun hadis disebutkan banyak sekali tanda-tanda akhir zaman di antaranya tanah Arab kawasan Mekah kembali menjadi hijau, penuh dengan tumbuhan dan subur," jelasnya.

Ustaz Yudin juga mengaitkan fenomena itu dengan tanda-tanda akhir zaman lainnya.

"Apakah ini tanda akhir zaman? Iya berdasarkan penjelasan Imam Nawawi bisa jadi ini karena sedikitnya laki-laki dan banyaknya perempuan," bebernya.

Ustaz Yudin pun meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi kiamat dan memperdalam ilmu agama.

"Tentang hari kiamat tidak ada yang tahu, hari kiamat itu bersifat misteri. Jadi cara kita merespons soal hal itu yang pertama kita mengimani tentang sabda Rasulullah tentang datangnya hari kiamat karena itu pasti akan terjadi, yang kedua mempersiapkan diri menjelang hari kiamat," tutup Ustaz Yudin Taqyudin.

(agn/agn)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER