Warga Panik 'Alien' Muncul dari Laut, Faktanya...

ARM | Insertlive
Sabtu, 24 Dec 2022 11:01 WIB
Foto Alien bidikan Jan Vorster
Jakarta, Insertlive -

Warga di media sosial mendadak dibuat panik usai foto 'alien' yang muncul dari laut di Afrika Selatan, bergulir viral di laman Facebook.

Foto 'alien' itu pertama kali diunggah oleh seorang fotografer bernama Jan Vorster.

Foto yang ia unggah pun membuat khawatir karena penampakan 'alien' yang mirip di film War of The World.


Jan Vorster kemudian mengungkapkan bahwa sosok yang diduga 'alien' itu sebenarnya adalah tanaman lidah buaya yang mati.

Ia memotret tanaman itu menggunakan Nikon D7100 dengan lensa Nikkon 18-140mm saat tengah berjalan menyusuri pantai Still Bay East di Western Cape saat matahari terbenam.

"Saya mempostingnya di halaman Facebook saya dan dua komunitas Facebook dari Still Bay dan di Komunitas Facebook Afrika Selatan lainnya... Dari sana itu menyebar," katanya.

Foto-foto itu kemudian menyebar di beberapa laman Facebook dengan beberapa sebutan aneh untuk lidah buaya mati itu, salah satunya laba-laba laut.

Namun, Jan Vorster lebih suka saat orang-orang melihat tanaman itu sebagai metafora sebagai alien.

"Saya pikir saya bisa menggunakan ini sebagai metafora tentang bagaimana orang melihat tanaman ini sebagai alien, tetapi kita sebenarnya adalah alien berkaki dua yang mengacaukan dunia mereka. Itulah idenya," kata Jan Vorster.

"Saya terkejut (oleh reaksi). Saya pikir orang-orang akan bersenang-senang dengannya, tetapi ternyata sangat serius, beberapa di antaranya sangat serius," sambungnya.

'Alien' laut di Afrika Selatan hebohkan netizen'Alien' laut di Afrika Selatan hebohkan netizen/ Foto: (Jan Vorster)

Sayangnya, ada beberapa kalangan yang menganggap fotonya terlalu serius hingga bertanya pada ilmuwan lingkungan untuk memastikan bahaya atau tidak.

"Orang-orang terus bertanya kepada saya kapan (makhluk) itu keluar, dan apakah mereka hanya keluar pada malam hari," ungkap Jan Vorster.

"(Beberapa orang mengatakan) bahwa saya menyesatkan mereka, dan bahwa saya harus disalibkan untuk itu. Tapi banyak orang bersenang-senang," sambungnya.

Meskipun mendapat komentar negatif, Jan Vorster tidak terpengaruh. Ia malahan ingin mengabadikan 'alien-alien' lainnya menggunakan kameranya di sekitar Still Bay.

"Saya belajar banyak tentang media sosial. Itu (hanya) gambar, saya tidak menyangka ini terjadi dan reaksinya begitu besar," katanya dikutip dari Lad Bible.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER