Viral

Beredar Video Ikan-ikan Loncat ke Tepi Laut, Apakah Tanda Bahaya?

YOA | Insertlive
Sabtu, 24 Dec 2022 18:30 WIB
Fenomena ikan-ikan loncat ke daratan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, viral di medsos. Peristiwa itu direkam seorang petugas Bea-Cukai Tanjung Priok. (dok Pribadi/Hidayat Arif)
Jakarta, Insertlive -

Sebuah video memperlihatkan ikan-ikan loncat ke daratan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta viral di media sosial. Seorang petugas Bea-Cukai Tanjung Priok bernama Hidayat Arif mengabadikan fenomena tersebut.

Berdasarkan penuturan Hidayat, seperti dilansir detikcom, fenomena itu terjadi pada Minggu (18/12) pukul 10.00 WIB lalu. Kondisi cuaca dan laut saat itu disebut normal.

"Keadaan cuaca cerah dan cukup terik, angin sedang dan pantauan BMKG sebelumnya di sekitar perairan Jakarta masih relatif aman untuk pelayaran dengan ketinggian gelombang kurang dari 0,5 meter," terang Hidayat.


Fenomena ikan-ikan loncat ke daratan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, viral di medsos. Peristiwa itu direkam seorang petugas Bea-Cukai Tanjung Priok. (dok Pribadi/Hidayat Arif)Fenomena ikan-ikan loncat ke daratan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, viral di medsos. Peristiwa itu direkam seorang petugas Bea-Cukai Tanjung Priok. (dok Pribadi/Hidayat Arif)/ Foto: Fenomena ikan-ikan loncat ke daratan Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, viral di medsos. Peristiwa itu direkam seorang petugas Bea-Cukai Tanjung Priok. (dok Pribadi/Hidayat Arif)

Hidayat yang saat itu bersama petugas Bea-Cukai lain mengaku terkejut melihat gerombolan ikan melompat ke tepi pulau.

"Pada pukul 13.30 WIB, tiba-tiba ratusan ikan melompat ke dermaga. Kami abaikan karena kami kira ada predator yang mengejar," ucap dia.

"Selang sekitar 5 menit, tiba-tiba ribuan ikan itu kembali lompat sampai beterbangan menabrak kapal, kebetulan saat itu ada kapal penyeberangan yang melintas sehingga mungkin ikan-ikan semakin panik lalu terdorong bias kapal sampai ke daratan," jelasnya lagi.

Berdasarkan penjelasan BMKG, fenomena ikan meloncat atau terdampar di tepi laut rupanya adalah peristiwa yang sering terjadi di beberapa daerah dan bukan pertanda gempa, tsunami, atau tanda bahaya lainnya. Hal tersebut terjadi karena faktor oksigen, sumber makanan, hingga arus laut.

(yoa/yoa)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER