Misteri Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Benarkah Terkait Aliran Sesat?

INSERTLIVE | Insertlive
Sabtu, 19 Nov 2022 21:40 WIB
Rumah keluarga yang tewas 'mengering' di Perum Citra Garden Extension I, Kalideres, Jakarta Barat. Misteri Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Benarkah Terkait Aliran Sesat?/Foto: Ilham Oktafian/detikcom
Jakarta, Insertlive -

Kasus empat anggota keluarga yang ditemukan sudah tewas meregang nyawa di dalam kediaman mereka tanggal 28 Oktober 2022 silam masih memantik tanya.

Penyebab kematian mereka menjadi tabir yang belum tersingkap meski dugaan sementara mengatakan bahwa keempat jenasah yang terdiri dari pasangan suami-istri, anak, dan paman meninggal dunia karena tidak makan dan minum dalam kurun waktu yang cukup lama.

Berbagai spekulasi pun bermunculan, banyak yang menyebut kematian empat korban yang penuh kejanggalan diduga ada hubungannya dengan praktik keagamaan oleh sekte sesat.


Dugaan satu keluarga ini merupakan sekte apokaliptik diperkuat kabar ditemukannya beberapa buku doa pada tempat kejadian perkara.

Peristiwa yang tengah menjadi pusat perbincangan ini pun membawa komedian Mongol yang mengaku pernah menjadi anggota salah satu sekte ikut angkat suara. Ia mengaku kejadian ini memang mengarah ke dugaan sekte tertentu.

"Salah satu indikasi yang mengarah kepada dugaan kelompok yang ditemukan tewas ini merupakan anggota sekte adalah sikap mereka yang tertutup dan tidak bersosialisasi dengan warga sekitar," terang Mongol kepada tim Insert Investiggasi.

"Bisa aja penyesatan karena meninggalnya berempat tanpa bukti kekerasan fisik berarti kan kemungkinan besar mereka sengaja bisa aja penyesatan," sambungnya.

Sekte apokaliptik sendiri meyakini bahwa dunia saat ini begitu banyak dipenuhi kejahatan sehingga orang harus mengalami kehidupan baru dengan cara mengakhiri hidupnya sendiri.

"Biasanya dia melakukan pemujaan yg bertentangan dengan mainstream agama universal misalnya agama melarang nyiksa diri bunuh diri masal, tapi mereka lakukan itu nanti dijemput oleh pesawat khusus," jelas rohaniawan Romo Benny Susetyo.

"Sekte apokaliptik itu mengakhiri hidup karena dia memahami akhir zaman sudah dekat dan meyakini dijemput pesawat khusus," lanjutnya.

Tim Inafis hingga Labfor melakukan olah TKP di rumah sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat.Tim Inafis hingga Labfor melakukan olah TKP di rumah sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat./ Foto: Tim Inafis hingga Labfor melakukan olah TKP di rumah sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. (Rumondang Naibaho/detikcom)

Sementara itu, kasus kematian misterius keluarga di Kalideres ini masih dalam tahap penyelidikan polisi. Berbagai kemungkinan pun didalami untuk mengungkap misteri yang ada.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER