Viral Berkat Video Kocak, Driver Ojol Beberkan Pendapatan Jadi Kreator Konten

ARM | Insertlive
Sabtu, 15 Oct 2022 22:30 WIB
Octavia Kalalo, kreator di SnackVideo
Jakarta, Insertlive -

Pandemi COVID-19 sempat membuat urusan dapur kembang-kempis karena lapangan pekerjaan dibatasi.

Masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan membatasi untuk berkeliaran di luar rumah.

Tentu hal itu membuat banyak sektor pekerjaan yang harus ditutup, salah satunya adalah jasa.


Octavia Kalalo, seorang pengemudi ojek online wanita merasakan dampak pandemi tersebut. Bahkan ia harus menjual motornya untuk bisa bertahan hidup.

Namun, berkat hal itu, Octavia menemukan kesempatan untuk menjadi kreator video di aplikasi SnackVideo.

Konten yang dibuat pun tentang kondisi sehari-harinya sebagai ibu rumah tangga di perkotaan.

"Konten komedi funny, jadi aku kan sudah berumah tangga jadi isinya komedi pasutri yang tinggal di tengah kota lingkungan padat, ngontrak pula," kata Octavia saat berbincang dalam acara konferensi pers SnackVideo Creators Camp, di Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/10).

Berkat ketekunannya membuat konten, kini Octavia sudah memiliki 550 ribu pengikut dan video yang ditonton jutaan kali.

"Ya nggak disangka-sangka juga udah nyampe ke berbagai daerah bahkan kampung suami, kampung saya juga heboh. Wah si Okta jadi artis SnackVideo," ceritanya.

Tak hanya popularitas, Octavia juga mendapatkan pundi-pundi rupiah dari konten-kontennya tersebut.

Sayangnya, Octavia enggan mengungkapkan dengan pasti berapa jumlah pendapatannya sebagai seorang kreator.

"Alhamdulillah semenjak aku tergabung di kreator bisa mencukupi kebutuhan yang tadinya pandemi sampe jual motor, pas aku tergabung aku bisa kebeli motor lagi terus hp aku yang belum memadai buat konten jadi memadai," ungkapnya.

Konferensi Pers SnackVideo Creators CampKonferensi Pers SnackVideo Creators Camp/ Foto: Arman M. Azis

Cerita keberhasilan Octavia rupanya selaras dengan tujuan dari SnackVideo Indonesia. Mereka menekankan bahwa lewat aplikasi ini semua orang bisa membuat konten.

Tak melulu soal harta atau kekayaan, kehidupan sehari-hari pun bisa dijadikan konten yang bermanfaat bagi pengguna media sosial.

"Saya tekankan kadang orang suka pusing bikin konten gimana, tapi di SnackVideo selama itu informatif dan bermanfaat bisa di-share," kata Yugo Prabowo selaku Head of Business Operations SnackVideo.

"Itu yang disukai, itu yang diinginkan oleh pengguna SnackVideo, kehidupan yang real, kehidupan yang nggak sempurna tapi itulah kita, nggak perlu dibuat perfect, nggak perlu editing, kita highlight kesederhanaan, kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Untuk melatih kreativitas para kreator, SnackVideo membuat Creators Camp yang menjadi wadah pertemuan para kreator dari seluruh dunia bisa bersatu dan bertukar pikiran.

Selain itu, pada acara SnackVideo Creators Camp ini mereka akan diberikan edukasi bagaimana cara membuat konten yang berkualitas.

"Kita berikan training, kita edukasi, kita berikan materi, begini lo konten yang diinginkan orang, harus ada konteksnya, harus ada ciri khas, harus ada keunikan," pungkas Yugo.

(arm/arm)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER