Cerita Wanita yang Anaknya Tak Bisa Rasakan Sakit

INSERTLIVE | Insertlive
Jumat, 08 Apr 2022 22:45 WIB
Mother and son holding hands walking at sunset.
Jakarta, Insertlive -

Patrice Abela, ibu berusia 55 tahun asal Prancis bercerita soal kelainan putri sulungnya yang tak bisa peka terhadap rasa sakit.

Melansir dari AFP, putri sulungnya didiagnosis kelainan genetik yang sangat langka dan berbahaya karena membuat penderitanya bisa menyakiti diri sendiri seumur hidup karena tak pernah merasakan sakit.

"Saat anak-anakku mandi, mereka merasakan panas dan dingin tapi kalau terbakar mereka tak bisa merasakan apapun," kata suami Abela.


"Karena hal itu, putri sulungku kehilangan sendi pertama dari masing-masing jarinya hingga harus diamputasi," sambungnya.

Kondisi yang dirasakan oleh putri sulung Patrice Abela terdengar seperti mimpi buruk karena hanya ada beberapa ribu kasus yang terjadi.

Menurut Didier Bouhassira, dokter di pusat evaluasi dan perawatan nyeri di rumah sakit Ambroise-Pare di Paris mengatakan kasus ekstrim yang terjadi adalah ketika bayi 'memutilasi' lidah atau jari sendiri saat tumbuh gigi.

Hingga saat ini belum ada obat maupun terobosan obat yang bisa menyembuhkan atau mengurangi penyakit ini.

"Tak ada obat juga terobosan obat yang nyata sejauh ini. Kami telah mengetahui ada lebih dari 20 penyebab genetik dari ketidakpekaan atau progresif terhadap rasa sakit," pungkas Ingo Kurth dari Germany's Institue of Human Genetics.i

(dis/dis)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER