Viral

Gagal Masuk SMU Idaman, Seorang Anak 15 Tahun Pilih Nikah Muda

DIS | Insertlive
Selasa, 03 Aug 2021 13:10 WIB
Ilustrasi pernikahan pasangan arab
Jakarta, Insertlive -

Seorang warganet berkeluh kesah tentang sepupunya yang memaksa ingin menikah muda. Padahal sang sepupu baru berusia 15 tahun.

Keresahan itu dituangkan dalam thread Twitter hingga menjadi perbincangan pada komunitas daring. 

Awalnya, menurut warganet sang sepupu tak memiliki niatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA karena ditolak oleh salah satu SMA ternama di sana.


Kemudian, ia terinspirasi dalam tayangan di video TikTok soal kebahagiaan menikah muda.

Saat sang sepupu minta nikah muda, seluruh keluarganya langsung mendukung penuh.

"Bayangin, anak 15 tahun terdoktrin nikah muda cuma karena beberapa tayangan "uwu". Padahal di realitanya, dunia pernikahan nggak semuanya tentang "uwu-uwuan" melulu," tulis sang warganet.

Warganet ini pun menjelaskan risiko menikah muda mulai dari tekanan psikologis hingga finansial kepada sang sepupu dan keluarganya.

Sayangnya, pendapatnya itu hanya dianggap angin lalu. Kini, sang sepupu akan menikah dalam waktu dekat.

Melihat unggahan tersebut, tak sedikit warganet lain yang memberikan komentar. Kebanyakan dari mereka menyayangkan pernikahan itu.

"Serius ini masi muda banget, sepupuku aja hampir 21 tahun udah nikah masih tergolong nikah muda. Nikah itu ibaratnya kesiapan mental ngga sih? sebijak apapun orang kalau yang namanya nikah itu bukan persoalan mudah," ujar seorang warganet.

"Enak nikah muda kalau dia kaya, kalau dia biasa aja hancur tuh ekonominya gara-gara belum mateng, malah bikin keluarga ngga harmonis," tambah yang lain.

"Ya Allah aku gabisa bayangin di umur yang harusnya masih ngejar cita-cita dan have fun sama temen malah dipotong dengan 'pernikahan' yang katanya mah biar gak zinah, aku jadi bersyukur masih dikasih kesempatan buat nikmatin masa muda," tandas yang lain.

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER