Fungsi dan Cara Memakai Toner yang Benar agar Kulit Sehat

Insertlive | Insertlive
Selasa, 21 Jun 2022 18:40 WIB
Young afro-american woman cleaning face with cotton pad looking in mirror at bathroom
Jakarta, Insertlive -

Toner menjadi salah satu produk mendasar dalam rangkaian perawatan kulit setiap harinya. Toner terkenal bukan hanya untuk mengangkat sisa kotoran di kulit, melainkan untuk menetralkan keasaman kulit setelah mencuci muka dengan sabun.

Walaupun menjadi produk wajib dalam rangkaian skincare, pemakaian toner tidak akan maksimal jika tidak dilakukan dengan benar.

Beautiful asian woman cleaning her face, using cotton pads and cleansing product, looking at mirror in bedroom. Young attractive korean lady using face toner and cotton pad, home interior, empty spaceBeautiful asian woman cleaning her face, using cotton pads and cleansing product, looking at mirror in bedroom. Young attractive korean lady using face toner and cotton pad, home interior, empty space/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Merangkum dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang toner, mulai dari fungsi, cara menggunakan toner, hingga cara memilih toner yang tepat sesuai jenis kulit.


1. Fungsi Toner Untuk Wajah

Minyak dan kotoran yang menempel pada kulit tidak cukup dibersihkan hanya dengan menggunakan sabun pencuci muka. Menggunakan toner setelah mencuci wajah juga diperlukan karena toner memiliki fungsi untuk mengangkat sisa kotoran dan makeup yang tidak terangkat dengan sabun wajah.

Selain itu, toner berfungsi untuk mengembalikan kelembapan wajah setelah mencuci muka, terutama toner yang mengandung asam hialuronat. Toner juga dapat menetralkan tingkat keasaman kulit atau pH alami kulit, yaitu pH 5-5,5.

2. Cara Menggunakan Toner Wajah

  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan toner

Wajah harus dalam keadaan bersih saat menggunakan toner. Bersihkan wajah dengan sabun terlebih dahulu sebelum menggunakan toner.

  • Cuci tangan sebelum mengaplikasikan toner pada wajah

Selain wajah, tangan juga harus dalam keadaan bersih saat menggunakan toner. Tangan yang tidak bersih hanya akan menambah kotoran baru di wajah.

  • Gunakan kapas

Pengaplikasian toner dianjurkan menggunakan kapas agar kotoran dan sisa riasan dapat terangkat dengan lebih baik. Tuangkan toner di atas sehelai kapas, lalu usapkan secara lembut pada wajah.

  • Berikan jeda sebelum menggunakan produk lainnya.

Biarkan hingga toner meresap ke dalam kulit sebelum menggunakan rangkaian skincare lainnya, seperti serum atau pelembap.

  • Gunakan toner maksimal dua kali sehari

Tidak dianjurkan untuk menggunakan toner lebih dari dua kali sehari untuk menghindari efek samping. Toner dapat digunakan pagi dan malam hari.

3. Kapan Waktu Memakai Toner Wajah

Waktu terbaik menggunakan untuk toner adalah setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan serum atau pelembap di pagi dan malam hari.

4. Jenis Toner Wajah

Terdapat dua jenis toner yang harus diketahui adalah exfoliating toner dan hydrating toner

Exfoliating toner adalah jenis toner yang berfungsi untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Biasanya, jenis ini mengandung AHA, BHA, atau PHA yang memicu pengelupasan sel kulit mati.

Sedangkan hydrating toner, sesuai namanya memiliki fungsi untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Kedua jenis ini dapat disesuaikan dengan jenis kulit.

5. Bagaimana Cara Memilih Toner Wajah Sesuai Jenis Kulit

Secara umum, jenis kulit terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. 

Jenis kulit kering paling cocok menggunakan hydrating toner. Jika ingin menggunakan exfoliating toner, lanjutkan dengan hydrating toner dan pelembap agar kulit terhidrasi kembali.

Jenis kulit berminyak disarankan menggunakan toner yang mengandung bahan yang mampu mengontrol minyak, seperti lemon dan tea tree.

6. Apa Efek Samping Toner Wajah

Efek samping toner akan timbul jika penggunaannya tidak tepat. Contohnya, saat jenis kulit kering sering menggunakan exfoliating toner dan tidak dilanjutkan dengan pelembap. Hal itu dapat memperburuk kondisi kulit kering.

Selain itu, efek samping lainnya seperti berjerawat, peradangan, rasa gatal, hingga kulit kemerahan dapat muncul ketika kulit tidak cocok dengan salah satu bahan yang terkandung dalam toner.

Maka, penting untuk mengenal jenis kulit masing-masing. Alangkah lebih baik untuk melakukan konsultasi kepada dokter kulit sebelum memilih produk perawatan kulit.

(khs/and)
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER