12 Cara Menghilangkan Komedo yang Perlu Diketahui

Insertlive | Insertlive
Minggu, 12 Jun 2022 10:00 WIB
Close up 30s woman after shower with towel on head use white cleansing nose strips deep purifying treatment to unclog pores prevent remove blackheads, leaving skin clear and smooth, skincare concept
Jakarta, Insertlive -

Komedo menjadi salah satu musuh bagi siapa saja yang menginginkan wajah bersih nan mulus.

Hal ini lantaran komedo dapat muncul berupa bintik-bintik hitam atau putih yang mempengaruhi penampilan dan tekstur kulit.

Sebelum membahas cara menghilangkan komedo, ketahui terlebih dahulu apa itu komedo?


Pengertian dan Penyebab Komedo.

Komedo adalah campuran kulit mati dan minyak yang kemudian menyumbat pori-pori kulit.

"Komedo hanyalah campuran dari minyak dan sel kulit mati yang teroksidasi yang berada di pori-pori. Paparan udara yang menyebabkannya teroksidasi dan berubah menjadi hitam," jelas Rachel Nazarian, M.D, seperti dikutip Allure.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produksi kelenjar minyak hingga muncul komedo di antaranya polusi, perubahan hormon, hingga kosmetik yang tidak dibersihkan dengan baik.

Munculnya komedo tidak dapat diprediksi dan siapa saja dapat memiliki komedo. Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo?

Berikut cara menghilangkan komedo seperti dirangkum dari Allure dan Healthline.

1. Bersihkan kulit dengan produk berbahan asam salisilat (Salicylic acid)

Salicylic acid merupakan bahan yang cocok digunakan untuk menghilangkan komedo karena sifatnya yang menghancurkan faktor penyebab komedo, seperti minyak berlebih dan tumpukan sel kulit mati.

Produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid otomatis akan mengangkat minyak dan kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas.

Gunakan produk yang mengandung salicylic acid dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Namun, untuk kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan sekali dalam sehari.

2. Untuk komedo membandel, gunakan produk retinol

Retinol menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi sel kulit yang menyumbat pori-pori kulit.

"Retinoid dapat membantu mengobati komedo dan pori-pori tersumbat dengan mengurai sel-sel kulit mati yang melekat pada pori-pori serta membantu mempercepat proses regenerasi kulit," ujar Dr. Marchbein, dikutip Allure.

Baca halaman selanjutnya.

(KHS/fik)
1 / 3
Loading
Loading
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER