Tak Ada Perjalanan LN, Pasien Hepatitis Misterius Indonesia Kena di Mana?

YOA | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 11:47 WIB
Ilustrasi Penyakit Gambar Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Jakarta, Insertlive -

Indonesia kembali dibuat khawatir atas kemunculan penyakit hepatitis akut misterius saat pandemi COVID-19 mulai melandai.

Hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di bawah 17 tahun dilaporkan awalnya berasal dari Eropa, kemudian Amerika, hingga akhirnya tiba di Asia.

Pada 15 April 2022, kasus hepatitis akut misterius diumumkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


Di Indonesia sejauh ini sudah ada 18 kasus diduga terinfeksi hepatitis akut misterius. Dilaporkan 7 di antaranya meninggal dunia di Jakarta.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan pasien hepatitis akut misteris di Indonesia tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun ke luar kota.

"Berdasarkan investigasi kontak, tidak ada penderitanya (pasien hepatitis akut misterius) yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri atau ke luar kota," kata dr Nadia dalam webinar daring, dikutip Kamis (12/5).

dr Nadia lebih lanjut menjelaskan bahwa dugaan sementara virus hepatitis akut misterius bisa menyebar di Indonesia karena adanya mutasi virus hepatitis dan Adenovirus.

"Karena virus hepatitis sudah ada sebelumnya dan Adenovirus ditemukan pada pemeriksaan pasien hepatitis, maka kemungkinan hepatitis ini ada varian baru di luar varian A hingga E," ucapnya.

"Atau bisa juga karena adanya Adenovirus yang bermutasi," pungkas dr Nadia.

Berdasarkan pengakuan dr Nadia, saat ini Kementerian Kesehatan tengah melakukan investigasi terkait penyebab dan cara penyebaran hepatitis akut misterius.

Selama masa investigasi, dr Nadia mengimbau agar seluruh masyarakat di Indonesia tetap waspada akan penyakit tersebut.

(yoa/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER