Sempat Derita Auto Imun, Lady Gaga Aktif Peringati Hari Lupus Sedunia

Insertlive | Insertlive
Selasa, 10 May 2022 17:32 WIB
Lady Gaga
Jakarta, Insertlive -

Hari Lupus Sedunia jatuh pada hari ini, Selasa (10/5). Lupus merupakan penyakit pada sistem kekebalan tubuh di mana sistem imun terlalu aktif hingga menyerang jaringannya sendiri.

Perayaan Hari Lupus Sedunia dilakukan dengan harapan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang di dunia akan penyakit lupus, baik penyebab atau dampak yang akan ditimbulkan.

Mengutip worldlupusday.org, seorang penderita lupus asal Kanada yang pertama kali mencetuskan Hari Lupus Sedunia pada tahun 2004.
Sejak saat itu, banyak organisasi lupus di berbagai negara, seperti Afrika, Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Selatan dan Utara merayakan Hari Lupus Sedunia.


Hari Lupus Sedunia ini biasanya dirayakan dengan berbagai cara, seperti mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan penyakit lupus, memberikan donasi untuk penderita lupus, hingga memakai pakaian berwarna ungu karena perayaan ini disimbolkan dengan warna ungu.

Tak hanya penggiat sosial, beberapa artis tersohor dunia aktif merayakan Hari Lupus Sedunia, di antaranya Lady Gaga, Daniel Radcliffe, dan Ian Harding yang turut berkontribusi untuk Asosiasi Lupus Amerika.

Pada tahun 2020, Lady Gaga pernah berpartisipasi bersama Selena Gomez dan Norm Lewis dalam Acara Penggalangan Dana virtual yang diselenggarakan Lupus Research Alliance (LRA).

Acara tersebut berhasil mengumpulkan dana hingga 3 juta dolar Amerika yang akan dialokasikan untuk penelitian lupus di seluruh dunia.

(KHS/and)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER