Korea Selatan Bakal Bangun Kota Terapung Antibanjir Pertama di Dunia

INSERTLIVE | Insertlive
Senin, 09 May 2022 12:45 WIB
Oceanix
Jakarta, Insertlive -

Korea Selatan merilis sketsa resmi kota terapung antibanjir bernama Oceanix yang dibeberkan di markas besar Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York.

Melansir dari Newsweek, kota antibanjir itu akan segera dibangun di kota pelabuhan paling populer di Korea Selatan, Busan.

Bila kota tersebut benar-benar dibangun, maka Oceanix akan menjadi kota terapung pertama di dunia yang berupaya menjadi infrastuktur antibanjir yang menyesuaikan diri dengan kondisi permukaan air laut.


Oceanix merupakan proyek kerja sama antara PBB dengan pemerintah Kota Busan.

Dilihat dari sketsa yang dibuat, Oceanix sebagai kota terapung memiliki tiga platform terapung yang dihubungkan oleh jembatan laut.

Rencananya, Oceanix akan dibangun dengan luas total 6,3 hektare yang bisa menampung 12.000 hingga 100.000 orang.

Maimunah Mohd Sharif, direktur eksekutif UN-Habitat mengatakan bahwa kota terapung berkelanjutan adalah bagian dari strategi adaptasi iklim yang tersedia bagi kita.

Sementara itu, Park Heong Joon wali kota Busan kepada CNN menyebut bahwa perubahan kompleks yang dihadapi kota-kota pesisir membutuhkan visi baru yakni manusia, alam, dan teknologi yang dapat hidup berdampingan.

"Tak akan ada tempat lebih baik dari Busan untuk membuat hunian terbaik bagi manusia di sebuah lautan luas. Dengan bangga, Korea memberikan yang terbaik untuk dunia," kata Park Heong Joon.

Nantinya, kota antibanjir itu akan dibangun dengan enam pulau yang saling terkoneksi.

Seluruh bangunan yang ada di pulau-pulau itu nantinya tidak diizinkan memiliki tinggi yang lebih dari 7 lantai untuk menjaga keseimbangan.

(dis/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER