5 Tips Tubuh Bugar Saat Mudik

naa | Insertlive
Minggu, 24 Apr 2022 03:41 WIB
Pemudik bersiap menaiki bus di Terminal Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022). H-10 Lebaran pemudik mulai ramai di Terminal Bekasi. Saat ini didominasi oleh pemudik tujuan pulau Sumatera. Warga melakukan mudik lebih awal ke sejumlah kota tujuan di Jawa dan Sumatera untuk menghindari kemacetan dan penumpukkan penumpang saat puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi tanggal 28 April hingga 1 Mei mendatang.
Jakarta, Insertlive -

Momen lebaran tahun ini terasa sangat spesial dan sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, selama dua tahun pandemi, pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik di hari lebaran.

Jelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, sebagian masyarakat pun mulai mempersiapkan perjalanan mudik menuju ke kampung halaman demi berkumpul dengan keluarga.


Untuk masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman yang jauh, tentunya harus menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat selama perjalanan.

Adapun beberapa tips menjaga tubuh tetap sehat selama perjalanan adalah:

1. Tubuh Harus Cukup Istirahat
Anda harus beristirahat dengan tidur yang cukup agar menjaga tubuh anda supaya tetap fit dan bugar selama perjalanan menuju kampung halaman. Hindari begadang karena membuat tubuh kurang berkonsentrasi apalagi jika anda akan mengendarai mobil ataupun motor.

2. Menjaga Kondisi Fisik dengan Makanan yang Bergizi
Melakukan mudik di suasana Ramadan, anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang agar tubuh tetap prima selama perjalanan. Konsumsilah karbohidrat yang kompleks, lengkapi dengan protein serta buah-buahan dan sayuran. Jangan lupa minum air putih yang banyak.

3. Jangan Paksakan Tubuh Saat Lelah
Saat tubuh anda telah merasa lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh, lebih baik berhenti dan istirahat selama beberapa menit. Jangan paksakan diri untuk tetap berkendara karena tidak baik untuk keselamatan.

4. Bawa Kotak P3K dan Obat-obatan Pribadi
Membawa kotak P3K dan obat-obatan penting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

5. Tetap Patuhi Prokes
Jangan lupa untuk tetap mematuhi prokes selama perjalanan agar terhindar dari virus maupun penyakit lainnya.

(naa/naa)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER