Ada Sejarah Mode Penting di Balik Tas Ikonik Carrie Bradshaw

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Jumat, 14 Jan 2022 17:20 WIB
Sarah Jessica Parker Foto: Instagram/@sarahjessicaparker
Jakarta, Insertlive -

Umumnya rantai penciptaan berawal dari ide, imajinasi, kreasi, dan relevansi. Aturan serupa juga berlaku dengan koleks dan karya di ranah mode. 

Pada sejumlah koleksi rumah mode biasanya secara tidak tertulis terbagi menjadi kategori legendaris dan ikonik. 

Koleksi legendaris merupakan karya mode dengan gaya rancang dan eksistensi yang tak gentar menghadapi tren anyar atau generasi baru. 


Lalu, bagaimana dengan koleksi ikonik? 

Berdasarkan penjelasan Vogue, sebuah koleksi mode dianggap ikonik ketika sukses tampil di tangan seorang bintang atau hadir pada satu adegan film dan serial besar yang mendunia. 

Salah satu serial Hollywood paling modis dan bergaya tak bisa dimungkiri jatuh pada Sex and The City. Serial yang mengisahkan empat wanita dewasa di New York, Amerika Serikat, Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker), Charlotte York (Kirstin Davis), Miranda Hobbes (Cynthia Nixon), dan Samantha Jones (Kim Cattral),

Pada masanya Sex and The City menjadi tontonan wajib para wanita karier yang mandiri. Empat wanita keren yang bermukim di New York tersebut menebarkan persepsi bahwa karier wanita bisa memengaruhi keberuntungannya dalam menemukan cinta. 

Selain itu, Carrie, Charlotte, Miranda, dan Samantha juga dicitrakan sebagai wanita yang mawas tren dan sadar gaya. 

"Tanpa pria dalam hidupku, aku memutuskan untuk menyelamatkan kakiku dari kehidupan yang membosankan, jadi aku membeli banyak sepatu Jimmy Choo," ungkap Carrie Bradshaw sembari menjinjing tas belanja yang memenuhi tangannya usai putus cinta. 

Serial Sex and The City kembali tayang tahun ini setelah berakhir pada 2004 silam dengan judul  Sex and The City.. Just Like That di HBO, menceritakan lanjutan kehidupan Carrie Bradshaw dengan dua sahabatnya minus Samantha Jones. 

Pada serial ini Carrie Bradshaw CS tentu saja tampil dengan gaya yang tidak biasa dan jauh dari kesan membosankan, meskipun usia mereka sudah tak lagi muda. Salah satu koleksi mode yang paling mencuri perhatian adalah tas lansiran rumah mode Gucci The Hacker Project seri Hourglass Bag yang sering dibawa-bawa Carrie Bradshaw.

Ternyata, tas keluaran Gucci ini memiliki kisah panjang yang terkait dengan rumah mode lain dari Eropa, Balenciaga. Bahkan, sang Creative Director Gucci Alessandro Michele mengakui bahwa inspirasi dari tas tersebut dia bajak dari salah satu koleksi kuno Balenciaga. 

Asal usul Hourglass terletak pada rompi Basque pendiri rumah Cristóbal Balenciaga dari tahun 50-an. Lengkungan tegas dari Hourglass yang sangat elegan mencerminkan garis-garis busana yang tertanam kuat dalam DNA seluruh koleksi Balenciaga. 

Tas The Hacker Project Hour Glass dikenakan oleh Carrie BradshawTas The Hacker Project Hour Glass dikenakan oleh Carrie Bradshaw/ Foto: Istimewa

Michele mengambil inspirasi dari sosok Cristobal Balenciaga karena dia menganggapnya sebagai salah satu sosok yang memberikan kontribusi besar pada perkembangan mode dunia.

Tas dengan gaya rancang arsitektural dan dibanderol dengan harga Rp35 juta ini tak hanya menjadi favorit Carrie Bradshaw, tapi juga para bintang lainnya, mulai dari Hailey Bieber, Kim Kardashian, Miley Cyrus, dan lain-lain. 

(syf/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER