Permintaan Maaf Adidas Sebut Wayang Kulit dari Malaysia

ikh - INSERTLIVE
Selasa, 16 Nov 2021 21:30 WIB
Adidas
Jakarta, Insertlive -

Adidas belum lama ini merilis produk sepatu baru yang diadaptasi dari kultur di Asia Tenggara. Namun produk tersebut justru menjadi kontroversi dan menuai kritik dari publik saat dirilis.

Kritik tersebut mencuat usai halaman Instagram Adidas Singapura membagikan gambar salah satu sepatu bertema wayang kulit dan menyebutnya sebagai budaya yang berasal dari Malaysia.

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan 'lama-bertemu-baru' pada DNA UltraBOOST," tulis akun Adidas Singapura di Instagram.


Tentu saja keterangan foto ini langsung menuai hujatan dari pengguna internet terutama warga Indonesia. Banyak yang menilai bahwa tim Adidas Singapura telah memberikan informasi yang salah terkait wayang kulit. Bahkan sejumlah artis Indonesia juga memberikan perhatian terhadap klaim budaya ini.

"Mungkin designernya orang Malaysia, iya ga sih? Cmiiw," tulis Sintya Marisca.

"INDONESIAN CULTURE!," tulis Ganindra Bimo.

Adidas Singapura langsung mengubah keterangan di foto unggahan tersebut dan menyebut bahwa wayang kulit adalah warisan budaya dari Indonesia. Selain itu Adidas Singapura juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

"Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti (bahwa Wayang Kulit) asli dari Indonesia dalam unggahan kami. Kami sungguh meminta maaf karena ketidaksengajaan yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami," tulis akun Adidas Singapura," 

"Ketika bekerja dengan artis untuk mengembangkan desain soal budaya yang menggambarkan Malaysia dan Asia Tenggara., kami benar-benar terinspirasi dari kekayaan budaya di negara-negara di Asia Tenggara. Untuk menghindari kerancuan, baik brand atau artis tidak mengklaim karya seni dari Indonesia. Kami berterima kasih sekali lagi atas support kepada brand dan kepada creators yang berkolaborasi untuk merayakan budaya unik sebagai identitas budaya," tutup Adidas Singapura.

(ikh/fik)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER