Menukik Murah, Daftar Tanaman Mahal nan Sultan Ini Sudah Turun Harga!

kmb - INSERTLIVE
Senin, 20 Sep 2021 14:40 WIB
Coffeeshop bertema kebun dan tanaman / kopi febi
Jakarta, Insertlive -

Well, ini memang bukan harga monstera varigata yang masih terlalu digdaya mahalnya itu. Tapi seenggaknya udah banyak banget jenis tanaman lain yang juga berpredikat sultan sudah jauh turun harga.

Nggak bisa dimungkiri, tanaman-tanaman hias yang melejit karena pandemi membuat banyak orang punya hobi baru merawat aroid dan kawan-kawannya.

Nah beberapa tanaman yang dulunya sangat mahal sampai bikin kantong jebol jika nekat meminangnya sudah banyak yang turun harga sampai terbilang murah kalau kita komparasi ke harga awal boomingnya.


Tren tanaman aroid ini berbeda memang dengan tren spekulasi zaman anthurium wave hookery alias gelombang cinta, sebab harga mereka masih stabil dan akan masih panjang digandrungi lantaran peminat dari luar negeri juga masih stabil.

Tapi karena ketersediaan tanaman philodendron sultan Cs sudah banyak dikloning dan ketersediaannya sudah cukup melimpah, kini beberapa tanaman sultan sudah jauh turun harga.

Berikut daftar tanaman hias sultan yang sudah turun harga, yang awalnya bisa tembus jutaan rupiah sampai ada yang jadi Rp50 ribuan. Daftar harga tanaman hias mahal terkini sudah tervalidasi dengan list yang ada di bawah ini.

Philodendron Verrucosum

tanaman hias begitu rimbun di kopi febi Jagakarsa, kedai mungil outdoor yang menggambungkan konsep kontainer dikelilingi tanaman hias bak kebun.Foto: Tanaman-tanaman hias sultan/ dok kopi febi

Philo satu ini awal pandemi sampai 2021 tengah masih cukup mahal. Tapi kini harga perdaunnya sudah cukup murah untuk pecinta aroid. Sebelumnya selembar daun verrucosum bisa Rp1 juta, sekarang perlembar daunnya sudah ada yang menjualnya Rp350 ribuan dengan tunas baru.

Dahulu satu potnya dengan daun lebih dari 5 bahkan bisa mencapai belasan juta sampai puluhan karena tanaman ini adalah endemik asli Amerika Selatan. Tak heran dulu ada yang menebusnya dengan mahar puluhan juta rupiah jika sudah dewasa dan rimbun. Uniknya philo ini adalah warnanya yang eksotis dengan nadi memerah dan daun dan berbatang berbulu. Teksturnya juga seperti velvet membuat peminatnya ngidam beli.

(kmb/kmb)
1 / 5
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER