6 Cara Mengatasi Bau Apek pada Ruangan

Advertorial - INSERTLIVE
Sabtu, 18 Sep 2021 18:50 WIB
Ilustrasi interior rumah
Jakarta, Insertlive -

Salah satu masalah yang terjadi di pada ruangan adalah kelembaban yang menimbulkan aroma tidak sedap hingga menyesakkan pernafasan. Lebih dari itu ruangan yang lembab juga dapat memicu tumbuhnya jamur.

Jika bicara tentang aroma tidak sedap yang muncul pada ruangan, maka penyebabnya sangat beragam. Pertama karena minimnya sirkulasi udara, hingga tembok yang lembab.

Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini.


Mengatur sirkulasi udara pada ruangan

Seperti yang sudah dikatakan pada poin sebelumnya salah satu penyebab bau ruangan adalah tingkat kelembaban yang berlebihan. Namun jika ditelusuri lebih lanjut udara yang lembab terjadi akibat beberapa faktor seperti

  • Tidak ada sirkulasi yang baik.

  • Ventilasi pada ruangan tidak memadai

  • Faktor cuaca

  • Atap rumah yang bocor

  • Tembok rumah yang menyerap terlalu banyak air saat musim penghujan

Sebagai solusinya Anda bisa membuka pintu atau jendela rumah secara rutin hingga sirkulasi menjadi lebih lancar. Alternatif lainnya Anda dapat memanfaatkan air purifier yang dapat mengurangi aroma tak sedap dalam ruangan hingga menyaring virus dan bakteri.

Pemanfaatan tanaman hias penyaring udara

Tanaman hijau bukan hanya berfungsi sebagai dekorasi pada ruangan, tapi juga memiliki kegunaan untuk menyerap bau. Misalnya seperti tanaman geranium, lidah mertua, dan peach lily.

Solusi lainnya Anda bisa memanfaatkan daun-daunan seperti pandan atau mint, yang efektif menghilangkan bau tidak sedap. Pengaplikasiannya sangat mudah, cukup masukkan dalam wadah terbuka dan letakkan pada area yang memiliki aroma menyengat.

Menaburkan bubuk kopi

Jika muncul bau tidak sedap karena faktor ruangan yang lembab dapat diatasi dengan bubuk kopi. Cara ini sudah lama digunakan oleh banyak orang termasuk jasa desain rumah yang melakukan renovasi.

Untuk menggunakannya Anda bisa meletakkan bubuk kopi yang tersimpan pada wadah pada sudut-sudut kamar. Oh ya, kopi juga mampu untuk menghilangkan bau busuk karena bangkai binatang atau kotoran hewan.

Rajin membersihkan ruangan

Tanpa disadari karpet atau sprei yang Anda gunakan pada ruangan juga bisa menimbulkan aroma tidak sedap jika jarang diganti atau dibersihkan. Terlebih lagi jika ada keringat yang menyerap, maupun bekas kotoran lainnya yang tertinggal untuk jangka waktu yang lama.

Hal inilah yang juga dapat mempengaruhi aroma seluruh ruangan. Maka dari itu Anda harus rajin membersihkan ruangan minimal 2 kali dalam seminggu sebagai solusinya. Jika ingin melakukan aktivitas ini dengan mudah manfaatkan beberapa alat kebersihan seperti alat pel otomatis, serta vacuum cleaner yang dapat mengangkat kotoran yang tidak terlihat sekalipun.

Menggunakan baking soda untuk meningkatkan kenyamanan ruang

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ruangan yang berbau apek dapat diatasi menggunakan pengharum ruangan alami seperti baking soda.

Untuk membuat pengharum ruangan alami, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan tetesan minyak esensial ke dalam wadah toples. Kemudian tutup toples dengan kertas dan lubangI secukupnya.

Letakkan pada sudut ruangan dan pengharum ruangan ini akan menyerap bau pada area sekitar.

Memanfaatkan potongan lemon

Bahan alami berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengharumkan udara pada ruangan adalah buah lemon. Penggunaanya sangat mudah cukup potong lemon menjadi dua lalu letakan pada tempat yang tidak mencolok.

Selain mampu menghilangkan bau pada ruangan, buah ini sendiri sudah terkenal akan kemampuannya untuk menghilangkan bau pada alas kaki, maupun bau amis pada ikan.

Itulah tips efektif untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada ruangan, yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Selamat mencoba!

(adv/adv)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER