Intip Tips Instan Merapikan Rumah agar Nyaman Setiap Hari

DIS - INSERTLIVE
Kamis, 01 Apr 2021 14:38 WIB
Portrait of a happy couple laughing while taking a break from painting - home improvement concepts
Jakarta, Insertlive -

Rumah menjadi tempat ternyaman. Apalagi rumah yang bersih membuat pemilik dan penghuni rumah semakin betah setiap harinya.

Merapikan seluruh rumah menjadi kewajiban sekaligus tantangan besar karena bukanlah pekerjaan mudah untuk dilakukan.

Untuk mengatasinya, Insertizen sebagai pemilik dan penghuni rumah bisa melakukan secara bertahap dari satu ruangan ke ruangan lainnya sambil memastikan telah menyelesaikan semua pekerjaan sepenuhnya sebelum mulai berpindah ke lainnya.


Namun, untuk membantu membersihkan rumah dengan maksimal Insertizen perlu wadah untuk tempat penyimpanan yang berguna juga tempat sampah.

Berikut rincian pekerjaan yang bisa Insertizen lakukan:

1. Menyingkirkan barang-barang tidak terpakai dari laci atau lemari, misalnya produk yang sudah kadaluarsa hingga yang sudah rusak.

2. Menyimpan barang daur ulang seperti plastik, kaca, dan kertas.

3. Memisahkan produk-produk yang masih dapat diperbaiki atau hanya perlu dibersihkan.

4. Membuang barang-barang yang tidak dapat dikonsumsi kembali maupun hanya satu kali pakai.

5. Memilah barang layak pakai yang masih dapat diberikan kepada orang lain, umumnya berupa pakaian, aksesoris dan produk lainnya yang bernilai tinggi.

Menggunakan wadah penyimpanan atau tempat sampah, akan memudahkan Insertizen saat membereskan area tempat bekerja.

Bahkan lebih dari itu Insertizen juga dapat menggunakan tempat sampah untuk merapikan setiap ruangan seperti:

Kamar Mandi

Untuk area ini biasanya barang-barang yang menumpuk sangat bervariasi mulai dari riasan, produk perawatan kulit, obat, maupun perlengkapan kebersihan mulut.

Untuk menatanya keluarkan semua barang dan letakkan pada wadah, dan susun barang-barang yang paling sering kamu gunakan setinggi mata atau eye level.

Cara ini dilakukan untuk mempermudah saat mencari keperluan dalam waktu singkat. Lakukan langkah yang sama untuk bagian laci, dan jangan lupa untuk membuang semua barang yang sudah tidak terpakai lagi ya!

Kamar Tidur

Langkah pertama untuk membereskan area ini dapat dimulai dari tempat tidur, alasannya sendiri adalah kasur merupakan titik fokus ruangan yang kondisinya akan mempengaruhi mood penghuninya.

Selanjutnya mulailah untuk meletakan barang sesuai posisi, serta menyingkirkan semua yang tidak berguna lagi seperti sampah, buku yang sudah selesai dibaca, barang rusak, pena maupun kertas.

Lakukan hal yang sama pada area lemari pakaian yang mana kamu wajib memilih baju yang masih digunakan atau akan didonasikan untuk orang lain.

Periksa juga area lemari pakaian, laci. Keluarkan semuanya dan simpan sebagian barang yang masih kamu sukai. Setelah tahap ini selesai kembalikan barang ke tempatnya.

Area Dapur

Menjaga dapur agar selalu bersih dan tertata rapi memang bukanlah hal mudah, apalagi jika banyak aktivitas berbeda terjadi seperti memasak, membuat kue, hingga makan bersama.

Sehingga untuk mengatasinya kamu bisa mengelompokkan peralatan maupun perlengkapan sesuai jenisnya untuk mempermudah saat ingin menggunakannya.

Namun jika Insertizen memiliki peralatan dengan jumlah yang banyak maka, Insertizen bisa mengosongkan dapur terlebih dahulu, dan merapikannya mulai dari area paling atas seperti kabinet, laci dan terakhir lemari bawah. Singkirkan juga semua sampah, serta jauhkan dari tempat penyimpanan.

Untuk mempermudah saat melakukan pembersihan pastikan untuk memiliki semua alat yang dapat mendukungnya.

Pilihlah yang berkualitas agar dapat digunakan untuk waktu yang lama seperti dari Ruparupa, platform belanja online yang hadir dengan konsep one stop solution, yang menyediakan aneka keperluan rumah tangga hingga kantor.

(dis/syf)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER