Waduh Informasi Pribadi Pengguna WhatsApp akan Dibagikan ke Facebook

arm - INSERTLIVE
Selasa, 12 Jan 2021 20:45 WIB
WhatsApp
Jakarta, Insertlive -

Aplikasi percakapan online, WhatssApp telah bergabung dengan Facebook beberapa waktu lalu.

Oleh karena hal itu banyak kebijakan baru yang diberlakukan oleh dua media sosial tersebut.

Mengawali tahun 2021, WhatsApp mengumumkan kebijakan yang cukup membuat penggunanya khawatir.


Dalam ketentuan baru itu WhatsApp akan membagi seluruh data para penggunanya dengan Facebook.

"Sebagai bagian dari keluarga Facebook, WhatsApp akan menerima dan membagi informasi dari dan kepada Facebook," tulis WhatsApp dalam aturan barunya, seperti dikutip dari dailymail, Selasa (12/1).

Persyaratan tersebut juga akan berlaku meskipun pengguna WhatsApp tersebut memiliki akun Facebook atau tidak.

Setelah kebijakan itu diumumkan pada Kamis (7/1) lalu, pengguna WhatssApp berkurang drastis dan memilih aplikasi saingan.

Menurut data dari Sensor Tower, pada hari itu Telegram telah diunduh 1,7 juta dan Signal memperoleh 1,2 juta unduhan sedangkan WhatsApp hanya memperoleh angka 1,3 juta unduhan.

Pemasangan WhatsApp juga mendapatkan penurunan sekitar 13 persen menjadi 10,3 juta seminggu pertama Januari yang dibandingkan dengan tujuh hari sebelumnya.

Oleh karena kebijakan baru WhatsApp ini para pengguna pun membuat cuitan tentang keluhan mereka di Twitter.

Kebanyakan mengeluh karena harus mengalami kendala soal data pribadi yang hilang mereka saat bermigrasi ke aplikasi obrolan online baru.

"Saya baru saja menghapus WhatsApp dan Instagram dari ponsel saya karena syarat dan ketentuan baru mereka membuat saya takut," kata salah satu pengguna.

"Saya menghapus WhatsApp saya minggu lalu. Saya pasti kehilangan beberapa kontak, dan itu menyebalkan, tapi saya melihat FB sebagai perusahaan kriminal; Saya tidak mampu memberi mereka akses ke data saya," keluh yang lain.

"Menghapus WhatsApp saya hari ini. Saya telah menggunakan Signal untuk beberapa waktu dan menurut saya itu brilian. berharap kalian akan bergabung denganku di sana!," tambah yang lainnya.

[Gambas:Video Insertlive]



(arm/arm)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER