Cara Tetap Aman Menggunakan Transportasi Umum di Masa Pandemi

Insertlive - INSERTLIVE
Jumat, 30 Oct 2020 08:43 WIB
Para penumpang MRT Jakarta menggunakan moda transportasi umum tersebut dengan menjaga jarak sosial dari tanda silang yang dibuat oleh pengelola, di Jakarta, Jumat (20/3/2020). MRT Jakarta membuat tanda silang sebagai kursi yang tidak perlu diduduki di kursi kereta atau di peron ruang tunggu untuk membuat jarak sosial (social distancing) seperti yang disarankan pemerintah. Social Distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona.
Jakarta, Insertlive -

Aktivitas sehari-hari tak terlepas dari bertemu dengan orang lain. Apalagi, untuk masyarakat pengguna transportasi umum yang mau tidak mau harus bertemu orang banyak meski di masa pandemi seperti ini.

Walau harus menggunakan transportasi umum untuk bepergian, menjaga jarak dengan penumpang lain adalah hal yang wajib dilakukan.

Menurut Satgas Covid-19, ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk tetap aman saat berpergian menggunakan transportasi umum nih Insertizen. Berikut Insertlive sajikan infonya.


1. Pilih moda transportasi yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Beberapa transportasi umum seperti kereta, bus, dan pesawat kini sudah mulai menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Hal ini sangat layak untuk dipilih sebagai moda transportasi karena lebih aman.

2. Jadwalkan Keberangkatan, hindari antrean

Jika terpaksa menaiki transportasi umum yang mengangkut banyak penumpang, usahakan untuk membuat jadwal keberangkatan yang tepat untuk kalian. Jangan datang ke terminal, stasiun, halte, atau bandara di saat mepet untuk menghindari antrean dan berdesak-desakan. Datanglah di waktu yang agak longgar agar lebih nyaman dan aman.

3. Hindari mengobrol selama perjalanan

Selain jaga jarak dan pakai masker, menghindari perbincangan dengan orang lain saat perjalanan menggunakan transportasi umum juga merupakan hal yang dianjurkan. Hal ini untuk menekan penyebaran virus dari mulut pengguna transportasi satu ke penumpang lain.

[Gambas:Video Insertlive]



(dia/dia)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER