Merawat Diri Bisa Redam Rasa Stres di Tengah Pandemi Virus Corona

DIS - INSERTLIVE
Kamis, 24 Sep 2020 17:10 WIB
stress
Jakarta, Insertlive -

Pandemi corona yang tak kunjung mereda di Indonesia tak bisa dimungkiri membuat setiap orang sering merasakan kecemasan dengan tingkat stres yang tinggi.

Rupanya, tingkat stres yang tinggi itu terjadi karena persepsi psikologis maupun fisiologis ketika seseorang menghadapi tekanan baik dari internal maupun eksternal yang melibatkan seluruh sistem tubuh, perasaan dan perilaku seseorang.

Analisa Widyaningrum, psikolog serta CEO Personality Development Center lewat acara bertajuk Inspiring Glow Session: Be Productive and Less Stress During Crisis Virtual Talkshow yang bekerja sama dengan Zeta Bags dan Crystallure Brand mengatakan, biasanya seseorang dapat mengalami tiga gejala stress seperti fisik, emosi dan perilaku.


"Tiga gejala stres itu misalnya kelihatan dari fisik seperti pusing, atau detak jantungnya cepat, lalu yang kedua itu emosi seperti sulit fokus, khawatir juga mudah lupa dan yang terakhir itu kelihatan dari perilakunya seperti mudah marah atau lebih sensitif," ujarnya.

Guna meredam rasa stres, menurut Analisa, setiap orang dianjurkan selalu melakukan tiga hal utama setiap harinya, salah satunya adalah selalu bersyukur.

"Ada tiga hal untuk meredam stres seperti bersyukur, lalu self care termasuk berbelanja dan merawat diri sendiri seperti memakai skincare lalu yang ketiga itu its okay to not okay, nggak apa-apa kalian jujur kalau kalian tidak baik-baik aja," tuturnya.

Berbicara soal selfcare sebagai salah satu hal utama meredam tingkat stress di tengah pandemi, Karina Agnia selaku Brand Representative produk kecantikan Crystallure mengatakan bahwa merawat diri dengan menggunakan skincare menjadi salah satu upaya dalam rutinitas wajib setiap wanita.

"Di tengah pandemi ini, menggunakan skincare yang tepat dengan tujuan merawat diri agar tetap sehat, tetap cantik bisa membuat seseorang senang jadi bisa mengurangi stres," tutur Karina.



"Intinya kan begini, filosofi cantik itu cerminan diri dari emosi, ekspresi dengan yang ditunjukkan dari semua nilai positif kita seperti kualitas diri atau apa yang kita punya dan yakini. Cantik itu tak hanya dari luar tapi dari dalam juga seperti hati dan mental," tukasnya.

[Gambas:Video Insertlive]



(dis/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER