Sebut Olahraga Pakai Masker Bahaya, dr. Andhika Raspati Angkat Bicara

Ilona - INSERTLIVE
Jumat, 12 Jun 2020 14:09 WIB
dr Andhika Respati
Jakarta, Insertlive -

Beberapa waktu lalu, seorang dokter spesialis kedokteran olahraga Andhika Raspati sebut bahwa berolahraga mengenakan masker berbahaya.

Pasalnya, masker menghambat aliran oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh saat olahraga.

Hal ini bisa membuat tubuh kita akan memaksa untuk mencari oksigen dan paru-paru serta jantung juga akan kerja lebih keras.


dr Andhika Respatidr Andhika Respati/ Foto: Ilona

Pada sebuah kesempatan dr. Andhika akhirnya angkat bicara soal isu tersebut.

Menurutnya, pernyataan itu sebenarnya untuk mengedukasi dan memberitahukan kepada orang banyak untuk berhati-hati.

"Jadi bicara soal video kemarin yang saya buat, kalau kita perhatikan secara saksama, poin utama yang saya mau tekankan adalah olahraga menggunakan masker harus berhati-hati," ucap dr Andhika Raspati, di Gedung Trans TV, Kamis (11/6).

Ia juga mengingatkan kepada orang-orang yang tetap berolahraga dengan mengenakan masker untuk tidak ngotot atau memaksakan diri karena berbahaya untuk tubuh.

"Jangankan pakai masker, kalau yang enggak pakai juga kalo olahraganya ngotot bisa berisiko, apalagi pake masker. Karena udara jarang masuk, jadi olahraga pakai masker itu ada risiko tersendiri," tambahnya.

Hal yang paling penting, Andhika sebut masyarakat di masa new normal ini untuk menjaga jarak ketika berolahraga. Jika berada di tempat yang banyak orang, kita semua harus pakai masker dan berhati-hati.

"Di jalan raya, orang sudah keluar semua, sudah pada ngopi-ngopi lagi. Melihat kondisi seperti itu, mau nggak mau terpaksa pakai masker. Kalau keluar ya harus memperhatikan sekitar. Kalau ramai, ya jangan buka masker gitu," pungkasnya.

[Gambas:Video Insertlive]



(nap/des)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER